Sambut Datangnya Ramadan, Warga Kranggan Surabaya Gelar Kirab Budaya Nusantara

Sambut Datangnya Ramadan, Warga Kranggan Surabaya Gelar Kirab Budaya Nusantara Kirab budaya nusantara yang digelar warga Kampung Pancasila Kranggan mengarak dua gunungan berisi aneka buah-buahan setinggi 5 meter.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Guna menyambut datangnya bulan suci Ramadan, Warga RW 01 Pancasila Kranggan, Surabaya, menggelar " Tanpa Pandemi", Kamis (17/3).

Kirab budaya nusantara ini mengarak dua gunungan yang berisi aneka buah-buahan setinggi 5 meter. Dengan diiringi gamelan dan berbagai kesenian tradisional, kirab itu berlangsung meriah diikuti ratusan warga warga RW 01 dari 12 RT yang memakai kebaya dan baju adat Jawa.

"Kirab budaya nusantara ini sebagai wujud syukur kita menyambut datangnya Ramadan dan pupusnya pandemi. Kedua, untuk memperingati haul buyut Oning," ujar Ridi Sulaksono, Ketua RW 01 Pancasila Kranggan, Kamis (17/3/22).

"Jadi kirab budaya nusantara ini dari warga untuk warga. Semua hasil alam ini dari warga sebagai wujud syukur kita memasuki ramadhan tanpa pandemi, sehingga warga antusias sekali menggelar kegiatan ini" imbuhnya.

Kirab budaya dimulai dari depan balai RW, lalu berkeliling kampung di wilayah RW 01 Pancasila Kranggan.

"Jadi nanti semua warga berkeliling kampung, kemudian berhenti di makam sesepuh Kranggan untuk berdoa dan selamatan," pungkas Ridi.

Dalam iring-iringan kirab budaya nusantara ini, selain menampilkan baju tradisi Jawa, juga ada beberapa orang memakai baju hazmat lengkap dengan tangki semprot sebagai simbol penerapan prokes.

Tampak pula di tengah iringan-iringan kirab budaya nusantara mantan Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana yang membaur dengan pemuka kampung dan warga. (nng/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO