7 Atribut yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Pemimpin dalam Pemilu

7 Atribut yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Pemimpin dalam Pemilu 7 Atribut yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Pemimpin dalam Pemilu. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemilu merupakan pergelaran yang ditujukan memilih seseorang untuk menduduki jabatan tertentu. Biasanya calon pemimpin melakukan kampanye untuk mempengaruhi masyarakat untuk memilihnya. Maka dari itu sebagai seorang pemilih, perlu pertimbangan dalam memilih .

Berikut 7 :

1. Integritas

Integritas merupakan atribut kepemimpinan yang paling fundamental. Hal tersebut dikarenakan integritas merupakan konsistensi seseorang yang tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur.

Integritas seseorang menunjukkan produktivitasnya yang tinggi. Apabila calon pemimpin tidak memiliki integritas, maka ia tidak akan dapat memimpin dengan baik dan benar.

2. Visi

Visi ialah rangkaian kata yang mengandung impian, cita-cita atau nilai inti dari suatu lembaga atau organisasi. Visi dapat dikatakan tujuan masa depan suatu organisasi/lembaga.

Pada umumnya visi berkaitan dengan misi. Seorang pemimpin perlu mempunyai visi misi dalam memimpin suatu wilayah. Dengan visi misi yang ia miliki, dapat membantu memajukan wilayah dan masyarakatnya.

3. Kecerdesan emosional

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan penguasaan diri dalam memahami, mengendalikan dan meningkatkan hubungan natara apa yang dirasakan dan cara bertindak. Kecerdasan emosional disebut juga dengan Emotional Quotient (EQ).

Pemimpin dengan kecerdesan emosional yang baik tentunya pintar mengolah emosi. Sosok pemimpin tersebut pastinya pintar berkomunikasi dan meredakan konflik. Maka dari itu seorang pemimpin harus memiliki kecerdasan emosi yang baik.

4. Empati

Empati adalah keadaan mental seseorang yang merasakan pikiran, perasaan dan keadaan yang sama dengan orang lain. Perasaan ini merupakan kemampuan dasar untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Seorang pemimpin perlu memiliki empati yang tinggi, agar merasakan apa yang dirasakan rakyat. Rakyat akan merasa diperhatikan dan disediakan kebutuhannya.

5. Penilaian

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO