Sekolah Alam Ramadhani Gelar Festival Wayang

Sekolah Alam Ramadhani Gelar Festival Wayang Dalang cilik Ki Madjid Panjalu saat tampil dalam pagelaran wayang ‘Gemati Marang Bumi’. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sekolah Alam Ramadhani menggelar festival wayang, Sabtu (11/11/2023), Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menumbuhkan kecintaan terhadap wayang sejak dini.

Agenda tersebut berlangsung semarak dan disambut antusias oleh anak-anak yang terlibat di semua acara, dari karnaval wayang, pertunjukan wayang kupu-kupu oleh anak-anak berkebutuhan khusus hingga tampilan dalang cilik Ki Madjid Panjalu.

“Kebudayaan Jawa mulai terkikis oleh budaya modern, karena itu kita coba untuk kembali mengenalkan budaya Jawa sejak usia dini melalui Festival Wayang Ramadhani,” kata Kepala Sekolah Alam Ramadhani, Ulya.

Ia menyebut, karnaval wayang diikuti oleh ratusan anak-anak yang mengenakan pakaian tradisional dan kirab mengitari kawasan Mojoroto utara dan kembali ke tempat semula yang dimulai dari Sekolah Alam Ramadhani. Para siswa membawa wayangnya masing-masing, dari wayang kulit dengan tokoh-tokoh pewayangan kuno, juga wayang dari hewan hingga superhero yang terbuat dari kertas.

“Wayang-wayang yang dibawa anak-anak, ada yang koleksi dari kami (Sekolah Alam Ramadhani), selain juga anak-anak ada yang punya, mereka bawa koleksi mereka,” ujarnya.

Karnaval wayang ini, lanjut Ulya, dimaksudkan untuk mengenalkan wayang lebih jauh sejak usia dini. Harapannya, anak-anak menyukai wayang agar budaya itu bisa dilestarikan, tidak sampai punah.

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO