Tiga Paslon Pilkada Kota Batu 2024 Lakukan Ikrar Kampanye Damai

Tiga Paslon Pilkada Kota Batu 2024 Lakukan Ikrar Kampanye Damai Tiga Paslon Pilkada Kota Batu 2024 saat deklarasi kampanye damai

KOTA BATU,BANGSAONLINE.com - Tiga pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu di 2024 menggelar ikrar kampanye damai di Balai Kota Among Tani kota Batu, Selasa (24/9/2024) sore.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk menjunjung tinggi prinsip demokrasi yang sehat dan damai. 

Baca Juga: Sah! KPU Undi dan Tetapkan Nomor Tiga Paslon Peserta Pilwali Batu 2024

Acara ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat serta para pendukung masing-masing pasangan calon.

Tiga paslon tersebut, yakni pasangan nomor urut 1 Nurochman-Heli Suyanto, nomor urut 2 Firhando Gumelar-Rudi, dan nomor urut 3 Kris Dayanti-Kresna Dewanata Prosakh, sepakat untuk menjadikan 2024 sebagai ajang yang bersih dan demokratis.

Dalam pernyataan bersama, mereka menegaskan penolakan terhadap segala bentuk politisasi SARA, ujaran kebencian, berita hoax, kampanye hitam, serta praktik .

Baca Juga: Rakercabus, PDIP dan Nasdem bersama 9 Partai Non-Parlemen Siap Menangkan Krisdayanti-Dewa

Ikrar ini juga sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat agar lebih kritis dalam menyaring informasi yang beredar menjelang pemilihan. 

Para paslon meminta masyarakat untuk tidak mudah terjebak dalam berita-berita hoax yang seringkali digunakan untuk merusak citra lawan politik.

Acara ditutup dengan simbolis penandatanganan kesepakatan oleh ketiga pasangan calon, disaksikan oleh para petinggi pemerintah kota Batu dan para perwakilan dari komunitas masyarakat.

Baca Juga: Cegah Praktik Politik Uang di Pilwali, Ali Kuncoro Kobarkan Semangat Hajar Serangan Fajar

Dengan langkah ini, diharapkan bisa berjalan tanpa insiden yang merugikan, serta menghasilkan pemimpin yang benar-benar diamanahkan oleh rakyat berdasarkan suara yang sah.

Kapolres Batu, AKBP Andi Yudha Pranata, menekankan pentingnya persatuan di antara warga Kota Batu. 

Rasa khawatir yang sempat menghinggapi dirinya saat pengundian berlangsung sirna ketika melihat antusiasme dan dukungan dari masing-masing pendukung paslon.

Baca Juga: ​KPU Nyatakan Berkas Tiga Bapaslon Pilkada Batu 2024 Sudah Benar dan Lengkap

"Pesta demokrasi ini adalah momen bersejarah bagi kita semua. Mari kita sambut pemimpin baru dengan semangat yang positif,” tegasnya.

Sedang Aries Agung Paewai, Pj. Wali Kota Batu, menjelaskan bahwa kebersamaan adalah landasan utama dalam menjalankan demokrasi. Ia berharap seluruh elemen masyarakat dapat berkolaborasi demi menciptakan Pilkada yang damai.

Baca Juga: Cak Nur-Mas Heli Jalani Tes Kesehatan di RSUD Karsa Husada Batu

"Kita adalah keluarga besar. Meski memiliki pilihan yang berbeda, kita tetap satu kesatuan yang harus saling menghargai," ujarnya.

Sujiwo Tejo, yang dikenal dengan pendekatan humanisnya, mengajak semua pihak untuk tidak terbawa emosi saat berpolitik. Ia menyerukan agar semua tim sukses menjaga sikap sportif dan tidak terjebak dalam gesekan yang merugikan.

Baca Juga: Ribuan Relawan Antar Cak Nur-Mas Heli Daftar ke KPU Kota Batu

"Politik itu adalah sebuah permainan. Mari kita jaga semangat persaudaraan diantara kita," pesannya.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat, perwakilan partai politik, serta warga yang ingin menyaksikan langsung momen bersejarah tersebut.

Seiring dengan berjalannya waktu menuju pemilihan, harapan besar agar suasana damai terus terjaga dan dijadikan pedoman bagi seluruh lapisan masyarakat pun semakin menguat.

Baca Juga: Diusung 11 Partai Politik, Krisdayanti dan Dewa Mendaftar ke KPU Kota Batu

Baik Kapolres Batu, Pj. Wali Kota Batu, maupun Sujiwo Tejo berharap agar Pilkada kali ini tidak hanya menjadi ajang pemilihan pemimpin, tetapi juga memperkokoh persatuan di tengah keragaman. (adi/van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO