Desa Lembor Brondong Lamongan Juara 1 Asman Toga Tingkat Provinsi Jatim | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Desa Lembor Brondong Lamongan Juara 1 Asman Toga Tingkat Provinsi Jatim

Editor: Rohman
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Rabu, 12 Oktober 2022 19:35 WIB

Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan, Moch Nalikan, saat menerima penghargaan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Kelompok Anggrek dari Desa Lembor, Kecamatan Brondong, , dinobatkan sebagai juara 1 kelompok asuhan mandiri (Asman) pelayanan kesehatan tradisional melalui pemanfaatan tanaman obat keluarga () dan akupresur di tingkat Provinsi Jawa Timur 2022.

"Upaya yang kami lakukan berupa kolaborasi dengan pihak terkait mendapat apresiasi dari pemprov 3 kali berturut-turut dan yang paling penting adalah kampanye edukasi kesehatan yang kita berikan kepada masyarakat itu tersampaikan dan terimplementasikan," kata Sekretaris Daerah Kabupaten , Moch Nalikan, saat menerima penghargaan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (12/10).

Kelompok Anggrek Asman memiliki keunggulan dalam bidang akupresur. Keunikan pada kelompok Anggrek sendiri yaitu mampu mengemas akupresur ke dalam wisata edukasi 'Waduk Desa Lembor', di mana pelatihan pemijatan dilakukan dibantaran waduk dan tak lupa dilengkapi keberadaan tanaman toga di sana.

"Keunggulan kita itu ada pada akupresur, dimana Kelompok Anggrek Desa Lembor ini sangat inovatif. Mereka mampu menjadikan akupresur dan tanaman toga menarik karena bertempat di pinggiran waduk dengan suasana sejuk, dilengkapi pula dengan taman toga yang lengkap," ucap Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Abdullah Wasi'an.

Bukan hanya untuk kepentingan lomba, rupanya Dinkes aktif memberikan edukasi kepada masyarakat tentang keunggulan dari mengkonsumsi tanaman toga serta akupresur yang mampu meredakan penyakit. Karena kandungan alami yang dimiliki dapat meminimalisir efek samping obat kimia.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Lamongan Toga

Berita Terkait

Bangsaonline Video