Pemkab Gresik Gelar Rakor Akselerasi Penghapusan Kemiskinan Ekstrem | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkab Gresik Gelar Rakor Akselerasi Penghapusan Kemiskinan Ekstrem

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Syuhud
Selasa, 01 November 2022 17:37 WIB

Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah (tengah), saat pemimpin Rakor Akselerasi Penghapusan Kemiskinan Ekstrem. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab menindaklanjuti Inpres (instruksi presiden) Nomor 4 Tahun 2022 tentang PPKE (percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem) dengan menggelar rapat koordinasi, Selasa (2/10/2022). Langkah ini merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah setempat untuk menuntaskan kemiskinan ekstrem pada 2024 di Kota Pudak.

Wakil Bupati , , selaku koordinator TKPK (tim koordinasi penanganan kemiskinan) membuka agenda tersebut. Saat itu, ia mengajak semua OPD di Pemkab untuk berperam dalam menangani kemiskinan ekstrem, karena penanggulangan kemiskinan merupakan permasalahan yang kompleks, dan perlu kerja sama dari banyak pihak.

"Saat ini Kabupaten posisinya ada di nomor 7 di Provinsi Jawa Timur. Meskipun trennya terus turun dari tahun sebelumnya, tetapi kita ingin ini terus diakselerasi lagi agar penurunannya makin masif," ujarnya.

Bu Min (sapaan akrabnya) mengingatkan, semua program yang dijalankan Pemkab ialah untuk kesejahteraan masyarakat. Sehingga dalam pelaksanaannya, harus benar-benar dievaluasi, apakah program tersebut sudah benar-benar menyentuh masyarakat.

Ia juga memaparkan berbagai permasalahan di lapangan, terkait penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten . Seperti belum pulihnya ekonomi sebagaimana sebelum terjadinya pandemi Covid-19, tingkat pengangguran terbuka yang masih cukup tinggi, dan permasalahan seputar DTKS (data terpadu kesejahteraan sosial), serta tumpang tindih sasaran program.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video