9 Resep Masakan Khas Indonesia Untuk Sajian Vegan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

9 Resep Masakan Khas Indonesia Untuk Sajian Vegan

Editor: sigit
Selasa, 01 November 2022 21:34 WIB

Vegan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewani. ilustrasi foto: pixabay

SURABAYA, BANGSA ONLINE.com - Hari Vegan Sedunia diperingati setiap tanggal 1 November setiap tahunnya. Vegan sendiri merupakan sebutan untuk kelompok orang yang tidak mengkonsumsi produk hewani seperti daging, susu, keju, ayam, dan segala macam sumber makanan yang berasal dari hewan lainnya.

Hari Vegan Sedunia menyadarkan kita akan bernilainya pola makan . Pola makan ini dapat melindungi tubuh kita dari berbagai sumber penyakit.

Hidangan memang terkesan terbatas, terutama di Indonesia yang memang dominan dengan makanan berbahan dasar daging hewani.

Mungkin anda berpikir, para akan kesulitan dalam memperoleh jenis makanan. Namun ternyata, ada banyak macam menu makanan khas Indonesia yang sejalan dengan para .

Berikut beberapa menu khas Indonesia yang dapat dikonsumsi para . Dijamin lezat dan bergizi.

1. Asinan

Makanan yang cocok untuk para Vegan salah satunya ialah asinan. Baik itu berupa asinan buah maupun asinan sayur.

Asinan merupakan makanan yang diolah melalui proses pengawetan dengan merendam buah atau sayur dalam larutan campuran air dan garam.

Asinan biasanya dihidangkan dalam bentuk seperti sop buah. Perbedaan terletak pada kuah yang disajikan memiliki rasa asin, asam, dan pedas dalam sekali seruput. Rasa yang nano-nano dari asinan buah ini yang membuat Anda malas berhenti makan. Di Indonesia, makanan asinan menjadi salah satu sajian khas seni kuliner Indonesia.

2. Tempe

Tempe merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang terbuat biji kedelai atau beberapa bahan lain yang diproses melalui fermentasi dari apa yang secara umum dikenal sebagai “ragi tempe”.

Lewat fermentasi ini, biji kedelai mengalami proses penguraian sehingga menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna.

Hidangan tempe sangat baik dikonsumsi para , selain kaya akan protein, vitamin B12, ternyata tempe juga kaya akan vitamin K dan Kalsium. Dimana kedua kandungan ini diperlukan tubuh untuk proses pembentuk tulang.

Tempe bisa diolah menjadi beragam menu makanan sehari-hari, seperti seperti tempe goreng, tempe orek, maupun tempe bacem.

3. Kacang hijau

Kacang Hijau merupakan salah satu tanaman yang digunakan untuk menggantikan konsumsi nasi.

Kacang hijau biasanya dihidangkan dalam bentuk bubur atau sebagai isian berbagai macam menu sajian lainnya. Ternyata di balik bentuknya yang sederhana, kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain kalsium, fosfor, dan mengandung banyak serat serta antioksidan.

4. Sayur Asem

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video