ICIS: Menolak Timnas Israel U20 Itu Amanat Konstitusi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

ICIS: Menolak Timnas Israel U20 Itu Amanat Konstitusi

Editor: Redaksi
Jumat, 24 Maret 2023 23:07 WIB

Khariri Makmun (kiri) bersama Kiai Asep Saefuddin Chalim dan Kiai As'ad Said Ali dalam Forum Silatnas Penggerak Kader NU di Serua Depok 24 November 2021.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Polemik di tengah-tengah masyarakat dalam menyikapi laga tanding Timnas Israel yang akan mengikuti Piala Dunia U20 di Indonesia terus menggelinding. Banyak pihak yang pro dan kontra merespon hal itu.

Wakil Direktur Eksekutif International Conference of Islamic Scholars () Khariri Makmun mengatakan berbagai kalangan saat ini menanti ketegasan pemerintah Indonesia agar menolak Timnas Israel. "Momentum ini adalah saat yang tepat bagi Indonesia untuk mempertegas sikapnya sebagai negara yang mendukung kemerdekaan Palestina dengan pendekatan two states solution," ujarnya.

Menurut Khariri, Indonesia sejatinya dalam pendekatan kebijakannya meyakini bahwa two states solution atau solusi dua negara menjadi satu-satunya cara untuk merealisasikan perdamaian sekaligus meredam konflik yang terjadi di Palestina dan Israel. "Jika persoalan ini dikembalikan pada khittahnya, mestinya polemik yang ada tidak akan menjadi berkepanjangan seperti sekarang," ujar Khariri.

Menurut pengasuh Pesantren Algebra di Bogor ini, bagi Indonesia, isu Palestina merupakan hal krusial bagi diplomasi perdamaian yang dijalankan Indonesia di dunia internasional. Penyelesaian isu tersebut dipandang penting sebagai upaya menciptakan stabilitas kawasan, tidak saja di Timur Tengah, tapi juga bagi dunia.

"Oleh karenanya, sudah tepat bagi para pemimpin Indonesia dalam beberapa forum internasional mendorong seluruh pihak untuk memberikan perhatian ekstra bagi isu perdamaian antara Palestina dan Israel dengan memperhatikan asas keadilan dan perdamaian abadi serta berlandaskan solusi dua negara," ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video