DLH Bangkalan: RDU dan TPS3R Tak Mampu Atasi Sampah di Perkotaan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

DLH Bangkalan: RDU dan TPS3R Tak Mampu Atasi Sampah di Perkotaan

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Fathurrohman
Jumat, 14 Juli 2023 17:36 WIB

Pengolahan sampah di Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyatakan belum mampu atasi permasalahan sampah di wilayah perkotaan dengan memanfaatkan rumah daur ulang (RDU), serta TPS3R (tempat pengelolaan sampah reuse, reduce, dan recycle) yang telah dibangun. Sehingga, tetap membutuhkan adanya tempat pembuangan akhir (TPA).

Kepala DLH , Anang Yulianto, mengungkapkan bahwa sampah rumah tangga yang dihasilkan mencapai 104 ton per hari, sedangkan yang mampu teratasi di RDU dan TPS3R yang dimiliki hanya sekitar 30 ton saja. Dengan demikian, terdapat 74 ton yang harus dikirim ke TPA sementara di Desa Bunajih, Kecamatan Labang.

"Sampah yang dihasilkan dari rumah tangga terlalu banyak, jadi adanya RDU dan TPS3R belum mampu mengatasi. Setiap hari itu, dari wilayah perkotaan saja sekitar 104 ton sampah dihasilkan, RDU kita hanya mampu 10 ton perhari dan 6 TPS3R hanya sekitar 20 ton saja," ujarnya saat ditemui dikantornya, Jumat (14/7/2023).

Menurut dia, tumpukan sampah yang terjadi dalam seminggu terakhir disebabkan TPA sementara di Bunajih sudah overload dan tidak mungkin lagi menerima pembuangan. Pihaknya, mengaku sudah mencari opsi lain, namun wilayah yang masuk dalam pertimbangannya mendapat penolakan dari masyarakat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video