Bupati Apresiasi Pelatihan Keterampilan Kerja untuk 3 Kecamatan yang Digelar Disnaker Gresik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bupati Apresiasi Pelatihan Keterampilan Kerja untuk 3 Kecamatan yang Digelar Disnaker Gresik

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Syuhud
Selasa, 29 Agustus 2023 17:43 WIB

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, saat mengenakan helm keselamatan kepada peserta pelatihan kerja. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati , Fandi Akhmad Yani, mengapresiasi pelatihan ketrampilan kerja untuk 3 kecamatan yang digelar dinas tenaga kerja (Disnaker) setempat. Adapun sejumlah kecamatan itu yakni, Bungah, Kedamean, dan Menganti. 

Terdapat 48 orang yang mengikuti pelatihan keterampilan kerja secara gratis, mereka juga akan mendapatkan sertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Bupati mengatakan, tujuan diadakannya pelatihan untuk mendorong sumber daya manusia (SDM) di agar memiliki daya saing, dan diharapkan mampu mengikis angka pengangguran.

"Ini menjadi modal awal. Mudah-mudahan peserta yang mengikuti pelatihan, mendapatkan ilmu sekaligus sertifikat menjadi lebih percaya diri untuk bersaing di dunia kerja," ucapnya.

Ia menyebut, pelatihan kerja menjadi salah satu senjata Pemkab dalam menurunkan angka pengangguran. Mengacu data dari BPS, tingkat pengangguran terbuka di berada pada angka 7,84 persen atau 56.501 orang pada 2022.

Bupati menyampaikan, pelatihan yang merupakan hasil kolaborasi antara Disnaker dengan rumah vokasi ini adalah langkah yang progresif. Menurut dia, ekosistem yang ada di Kota Pudak saat ini sudah lengkap.

"Ada Disnaker. Rumah vokasi di bawah naungan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) yang mampu mengharmonisasi dengan dunia industri. Kolaborasi keduanya menghasilkan program/langkah strategis. Ini sudah jelas kerangka ekosistemnya," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video