Antisipasi Karhutla, Aktivis Lingkungan di Pasuruan Ajarkan Teknik Sekat Bakar | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Antisipasi Karhutla, Aktivis Lingkungan di Pasuruan Ajarkan Teknik Sekat Bakar

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Ahmad Fuad
Minggu, 24 September 2023 12:35 WIB

Jajaran aktivis lingkungan di Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di wilayah sangat memukul pencaharian warga sekitar, khususnya di lereng Gunung Arjuno. Para pencari rumput untuk ternak merasa kesulitan, begitu pula dengan pengunjung seperti pendaki yang berkurang.

Hal tersebut diungkapkan Didik Wahyudi, aktivis lingkungan dari . "Prihatin kalau ada kebakaran itu, Mas. Semestinya warga sekitar setiap harinya beraktivitas kerja, jadinya fokus ngurusi pemadaman api," katanya kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (24/9/2023).

Karena itu, akhir pekan ini para aktivis lingkungan berkumpul dan menggelar kegiatan ngobrol santai membahas karhutla. Yudi bersama pihak lainnya menjelaskan tentang strategi sekat bakar untuk mengantisipasi kebakaran supaya tidak merembet secara luas. 

"Caranya yaitu membuat sekatan berbentuk jalan kisaran 3-5 meter di tepi kebakaran. Kalau apinya tidak terlalu besar, cukup dengan dahan pohon saja untuk mengepras api. Saat kebakaran beberapa hari lalu, Tim Cempaka mengerahkan 75 personel serta mengajak kelompok tani hutan untuk ikut berpartisipasi dalam penanggulangan kebakaran," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video