Maju Cakada, ​Caleg Terpilih harus Mundur Jika Dilantik Sebelum Pendaftaran Calon Wali Kota Batu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Maju Cakada, ​Caleg Terpilih harus Mundur Jika Dilantik Sebelum Pendaftaran Calon Wali Kota Batu

Editor: Novandryo W S
Wartawan: Adi Wiyono
Rabu, 15 Mei 2024 13:15 WIB

Anggota KPU Kota Batu, Marlina

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Jelang pilkada serentak November mendatang, peraturan tentang masa pelantikan calon legislatif terpilih jadi sorotan.

Aturan tersebut yakni bahwa caleg terpilih yang mendaftar menjadi kepala daerah harus mundur apabila dilantik sebelum masa pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota.

Hal tersebut disampaikan oleh Marlina, Divisi Sosdiklih, Parmas, SDM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, yang memberikan penjelasan mengenai konsekuensi pelantikan caleg terpilih.

Marlina menjelaskan bahwa jika seorang caleg terpilih dilantik sebelum masa pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota, maka yang bersangkutan harus mundur.

"Namun, jika pelantikan dilakukan setelah masa pendaftaran, mereka tidak perlu mundur karena status mereka masih sebagai calon terpilih dan belum resmi menjadi anggota dewan sebelum melalui tahapan pelantikan dan pengucapan sumpah atau janji," ungkapnya, Rabu (15/5/2024).

Aturan ini juga sejalan dengan peraturan yang berlaku terkait dengan calon yang sudah menjabat sebagai anggota DPR/DPD, DPRD provinsi, atau DPRD kabupaten/kota.

"Mereka diwajibkan untuk mengundurkan diri dari jabatan tersebut apabila mencalonkan diri, dicalonkan, atau didaftarkan sebagai kepala daerah," ungkap Marlina.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video