Produk Olahan UMKM Lamongan Siap Bersaing di Pasar Bebas | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Produk Olahan UMKM Lamongan Siap Bersaing di Pasar Bebas

Kamis, 07 April 2016 21:31 WIB

Kepala Diskopindag, Gunadi. foto: nurqomar/ BANGSAONLINE

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Produk usaha kecil menengah dalam negeri harusnya mampu bersaing dalam pasar bebas masyarakat ekonomi ASEAN. Syaratnya, selain meningkatkan kualitas, juga masyarakat harus tetap mengunggulkan dan lebih mencintai produk dalam negeri.

"UMKM umumnya minim kompetensi yang berakibat pada rendahnya permintaan produk olahan mereka. Selain itu, kebanyakan juga belum memanfaatkan teknologi produksi," ujar Johan K. Runtuk, akademisi dari perguruan tinggi di Surabaya saat menjadi salah satu pemateri dalam Seminar UMKM di Ruang Pertemuan Sabha Dyaksa Pemkab Lamongan, Kamis (7/4).

Dia menegaskan bahwa dalam persaingan bebas yang semakin ketat, maka UKM dituntut dan mampu menjadi pelaku usaha. Hal tersebut juga harus mendapat dukungan dari masyarakat, dengan lebih mencintai produk dalam negeri.

"UKM jangan hanya jadi pentonton, akan tetapi harus ambil bagian menjadi pelaku usaha. Harus berani dan siap bersaing dengan produk sejenis lain dari luar daerah. Hal lain yang perlu dikembangkan adalah kecintaan produk dalam negeri, "Aku Cinta Produk Indonesia"," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Ekonomi Lamongan

Berita Terkait

Bangsaonline Video