Kemenkes Tambah 78 Bidan Desa untuk Daerah Terpencil Situbondo | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kemenkes Tambah 78 Bidan Desa untuk Daerah Terpencil Situbondo

Wartawan: Mursidi
Rabu, 03 Mei 2017 23:44 WIB

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Situbondo, Abu Bakar Abdi, mendampingi Menkes RI, Nila F Moeloek, saat berkunjung ke kantor Dinkes Situbondo, tahun 2016 lalu.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Untuk menekan kekurangan bidan di daerah terpencil, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo mendapatkan tambahan bidan sebanyak 78 orang dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ( RI).

Sebanyak 78 bidan bantuan dari Kementerian Kesehatan akan diperbantukan di Desa. Sementara gajinya disesuaikan dengan tiga kategori berdasar penempatan dari masing-masing bidan. Dengan demikian jumlah total bidan saat ini di Situbondo mencapai 900-an bidan.

"78 bidan desa itu seluruhnya digaji oleh Kementerian Kesehatan ( RI) dan masuk ke rekening masing-masing bidan setiap bulannya, dan gajinya sesuai kategori penempatannya," kata Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, Abu Bakar Abdi, Rabu (3/5).

Ia menjelaskan, ada tiga kategori penempatan terhadap 78 bidan tersebut, yaitu daerah terpencil, sangat terpencil dan kategori biasa. Bagi kategori sangat terpencil digaji sekitar Rp 6 juta per bulan, kategori terpencil sekitar Rp 5 juta, untuk kategori biasa sekitar Rp 3 juta per bulan.

"Kategori penempatan sangat terpencil dan terpencil itu berada di desa-desa yang akses jalannya masih sulit dan jauh dari perkotaan," ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video