Terkuak, Ternyata Ambulans Milik Puskesmas Tegalombo yang Buang Limbah Medis Sembarangan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Terkuak, Ternyata Ambulans Milik Puskesmas Tegalombo yang Buang Limbah Medis Sembarangan

Wartawan: Yuniardi Sutondo
Rabu, 01 November 2017 15:09 WIB

Limbah medis yang sempat dipungut oleh pemulung sekitar lokasi bak kontainer Gerdong, Pucangsewu.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Teka-teki mobil ambulans berplat merah yang membuang limbah medis tidak pada tempatnya akhirnya terkuak. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) langsung bergerak cepat melakukan cek lokasi dengan mengambil sampel sampah yang dibuang di bak kontainer lingkungan Gerdon, Kelurahan Pucangsewu, Kecamatan Pacitan, Selasa (31/10) kemarin.

"Pelaku pembuang sampah itu ambulans dari UPT Puskesmas Kecamatan Tegalombo. Kami pastikan memang benar itu masuk kategori limbah medis. Sebab ditemukan banyak botol infus, serta kertas-kertas dokumen seperti halnya kwitansi yang menyebutkan salah satu puskesmas di Kabupaten Pacitan," kata Djoko Haryanto, Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH, Rabu (1/11).

Djoko menegaskan, penyediaan kontainer sampah maupun TPA hanya direkomendasikan untuk menampung sampah-sampah rumah tangga, bukan untuk limbah medis maupun sampah domestik. Sampah domestik dimaksud, seperti sisa-sisa makanan atau minuman yang dihasilkan dari kegiatan sebuah rumah sakit, klinik, atau sejenisnya.

"Limbah medis harus dikelola tersendiri oleh penyelenggara layanan kesehatan. Sebab kalau dibuang disembarang tempat dikhawatirkan akan menyebabkan infeksius yang berpotensi penyebaran segala macam penyakit. Untuk itu atas peristiwa kemarin, kami langsung cek lapangan serta melakukan evakuasi atas dua kantong sampah yang kuat diduga sebagai limbah medis," bebernya.

BERITA TERKAIT:

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala UPT Puskesmas Tegalombo, dr. Rosid Ashari, mengakui kalau pembuang sampah medis dengan menggunakan mobil ambulan itu adalah staffnya. "Ya memang benar, ini sebagai keteledoran dari staff kami," ujarnya, saat dicegat wartawan di tepi trotoar DLH.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video