Tafsir Al-Isra 5: Pemimpin Negara Islam, Jadilah Tentara Tuhan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tafsir Al-Isra 5: Pemimpin Negara Islam, Jadilah Tentara Tuhan

Editor: Redaksi
Wartawan: -
Sabtu, 21 Juli 2018 19:10 WIB

Ilustrasi: Pertemuan menteri luar negeri dan diplomat dari 53 negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   

Fa-idzaa jaa-a wa’du uulaahumaa ba’atsnaa ‘alaykum ‘ibaadan lanaa ulii ba'sin syadiidin fajaasuu khilaala alddiyaari wakaana wa’dan maf’uulaan (5).

Di atas telah dijelaskan, bahwa di tengah-tengah bangsa Israel sedang berkejam-kejam membunuhi umat islam, Allah SWT mengutus hamba-hamba pilhan-Nya yang berkekuatan dahsyat, "ulii ba'sin syadiidin" yang mampu menghentikan kekejaman mereka.

Ada tiga kajian terkait makna dari terma yang ada pada ayat studi ini. Pertama, kata "ibad" (‘ibaadan lanaa). Bentuk jamak dari kata "abd". Ini mengisyaratkan sebuah gabungan dari banyak hamba yang dipilih Tuhan. Jaman now, hamba-hamba itu tidaklah tokoh perorangan seperti dulu.

Dunia yang kini tertata dalam negara-negara berdaulat, idealnya adalah pemimpin negara-negara yang mempunyai kepedulian terhadap kemanusiaan. Pemimpin yang menghargai martabat bangsa, membenci arogansi dan mencintai kedamaian. Lebih khusus lagi adalah pemimpin yang punya rasa ukhuwwah sesama umat islam Pelestina.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag

 

sumber : Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag

Berita Terkait

Bangsaonline Video