Sekilas Menyimak Khasiat Kelapa Bol dari Pacitan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sekilas Menyimak Khasiat Kelapa Bol dari Pacitan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Kamis, 25 Oktober 2018 12:09 WIB

Sukatno, salah seorang pembudidaya kelapa bol di Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Bagi banyak orang, kelapa muda atau degan selama ini biasanya dimanfaatkan sebagai minuman. Selain daging kelapa yang lembut untuk dimakan, juga airnya sangat segar sebagai pelepas dahaga. Apalagi kalau dicampur dengan air dingin atau es batu, tentu akan menambah citra rasa yang begitu fantastis.

Namun berbeda dengan kelapa wulung, atau masyarakat di Pacitan jamak menyebutnya dengan kelapa bol. Kenapa disebut dengan nama bol? Sebab ujung kelapa memang menyerupai dubur ayam. Uniknya lagi saat dibuka kulit luarnya, serabut kelapa berwarna merah atau pink.

"Kelapa ini memang unik dan langka. Sebab selama delapan tahun, hanya ada 33 pohon yang berhasil saya temukan. Mayoritas pohon kelapa itu berlokasi di Kecamatan Pacitan, tepatnya di Kelurahan Sidoharjo," ujar Sukatno, salah seorang pembudidaya kelapa bol yang konon memiliki khasiat penyembuhan beragam penyakit, Kamis (25/10).

Menurut pria yang akrab dipanggil Katno Brewok ini, selain di Kelurahan Sidoharjo, kelapa bol juga pernah ditemukan di seputaran Desa Sambong, itu pun hanya tiga pohon.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Kesehatan

Berita Terkait

Bangsaonline Video