Kunjungan ke Lamongan, Kemenko Perekonomian RI: Komoditas Jagung Penyumbang Inflasi Cukup Besar | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kunjungan ke Lamongan, Kemenko Perekonomian RI: Komoditas Jagung Penyumbang Inflasi Cukup Besar

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Kamis, 22 November 2018 17:59 WIB

Puji Gunawan, perwakilan Kemenko Perekonomian RI memberikan cinderamata pada Bupati Fadeli.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) menunjuk Kabupaten Lamongan sebagai salah satu rujukan diskusi stabilisasi harga, terutama jagung. Itu karena komoditas jagung merupakan penyumbang infilasi yang cukup besar yakni 2 persen.

Hal tersebut disampaikan oleh Puji Gunawan, perwakilan Kemenko Perekonomian RI saat melakukan kunjungan kerja dan diterima Bupati Fadeli di Guest House, Kamis (22/11). Selain dari Kemenko Perekonomian, TPIP terdiri dari perwakilan Kemendagri, Bank Indonesia, Kemenko Perekonomian, Kemenperindag, dan Bulog.

Puji Gunawan mengungkapkan memilih Lamongan karena produksi jagungnya yang tertinggi di Jawa Timur. “Dan mengapa jagung, karena komoditas jagung dan turunannya sebagai penyumbang inflasi yang cukup besar, yang hampir sama dengan beras, yakni sebesar 2 persen,” ungkapnya.

Inflasi, jelasnya, terjadi bukan hanya karena keterjangkauan harga. Namun juga berkaitan erat dengan ketersediaan pasokan serta distribusinya. Sehingga ketika terjadi ketidakseimbangan di tiga faktor tersebut, lanjut dia, terlebih untuk sentra jagung seperti Lamongan, yang terjadi adalah ancaman inflasi yang tinggi.

"Oleh karena itu kami juga ingin tahu bagaimana keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan serta distribusi jagung di Lamongan untuk menghindari hal tersebut," ungkap Puji .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video