Tanggapi Keluhan Netizen, Kantor Imigrasi Malang: Berkas Paspornya Memang Belum Lengkap | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tanggapi Keluhan Netizen, Kantor Imigrasi Malang: Berkas Paspornya Memang Belum Lengkap

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Iwan Irawan
Kamis, 31 Januari 2019 15:06 WIB

Novianto Sulastono, S.H, Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Malang. foto: IWAN/ BANGSAONLINE

MALANG, BANGSAONLINE.com - Kepala Kantor Imigrasi kelas 1 TPI Malang Novianto Sulastono memberikan penjelasan terkait keluhan netizen yang menyatakan dipersulit saat hendak mengurus paspor, Rabu (30/01). Sebelumnya, netizen dengan akun Adam Lovely Soraya curhat di Facebook menyatakan dirinya kesulitan saat hendak memperpanjang paspor istrinya atas nama Zhava D yang bekerja sebagai TKI di Hong Kong.

Terkait hal ini, Novianto menjelaskan bahwa Kantor Imigrasi tidak memiliki niatan mempersulit pemohon paspor. Menurutnya, langkah yang dilakukan Kantor Imigrasi sudah sesuai dengan UU Keimigrasian nomor 6 tahun 2011 tentang pengawasan dalam menerbitkan paspor. Apalagi, paspor yang bersangkutan memang untuk keperluan TKI.

"Pengawasan dan pendalaman terhadap materi dokumen mesti dilakukan secara selektif dan ketat, bertujuan memberikan perlindungan kepada pemilik paspor saat berada di perantauan, baik sebagai tenaga kerja atau studi maupun sebagai wisatawan," jelasnya.

Terkait persoalan permohonan Zhava D, Novianto menyatakan jika ada berkas yang belum terlengkapi, sehingga pihak Imigrasi melakukan pencegahan ke Imigrasi pusat. "Seiring berjalannya waktu, Zhava akhirnya melengkapi berkas dokumen yang kurang. Akhirnya, saat ini tinggal menunggu proses pencabutan surat pencegahan turun dari pusat," bebernya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video