1.436 Orang Warga Kabupaten Mojokerto Positif TBC, 4 Orang Meninggal Dunia | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

1.436 Orang Warga Kabupaten Mojokerto Positif TBC, 4 Orang Meninggal Dunia

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Kamis, 28 Maret 2019 15:46 WIB

Sejumlah organisasi masyarakat peduli TBC dan pemerintah duduk bersama merumuskan penanganan TBC. Jumlah penderita penyakit mematikan ini belakangan terus meningkat. foto: YUDI EP/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Seribu lebih warga Kabupaten Mojokerto terjangkit Tuberculosis (TBC). Jumlah ini jauh melebihi warga Kota Mojokerto yang terkena kuman mematikan ini.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto, jumlah penderita TBC positif sepanjang tahun 2018 mencapai 1.436 orang. Tragisnya, 4 orang di antaranya telah meninggal dunia. Hanya 177 penderita dinyatakan sembuh, sedangkan 13 lainnya menjadi kebal obat atau MDR.

Organisasi peduli TBC, TB-HIV Care Aisyiyah Kabupatan Mojokerto merespons wabah ini. Safiyati, Ketua Majelis Ekonomi PD Aisiyah yang juga Kepala SSR TB-HIV Aisiyah Kabupaten Mojokerto mengatakan, saat ini TB-HIV Aisyiyah sedang menyiapkan aksi nyata untuk mengeliminasi penderita TBC.

“Ini adalah rangkaian dari TB Day, kita sudah melakukan screening massal di Car Free Day, juga akan melakukan gentingisasi dan pemberian makanan tambahan (PMT) bagi penderita TBC,” katanya, Kamis (28/3).

Sementara Lilik Maslikhah, Ketua PD Aisyiyah Kabupaten Mojokerto mengatakan, capaian TB-HIV care Aisyiyah pada tahun 2018 sudah sesuai dengan target, namun upaya eliminasi penderita TBC harus terus digalakkan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video