Munculkan Kreasi, KKP Surabaya Gelar Pelatihan dan Penyuluhan Diversifikasi Makanan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Munculkan Kreasi, KKP Surabaya Gelar Pelatihan dan Penyuluhan Diversifikasi Makanan

Editor: Dur/Revol
Wartawan: Yuli Iksanti
Senin, 23 Maret 2015 22:51 WIB

SURABAYA (BangsaOnline) - Pemerintah kota (Pemkot) Surabaya melakukan berbagai upaya untuk memberdayakan masyarakat. Tujuannya, meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan warga. Salah satunya dilakukan Kantor Ketahanan Pangan dengan menggelar pelatihan dan penyuluhan diversifikasi (penganekaragaman) makanan.

Kegiatan itu dilakukan agar memunculkan kreasi olahan makanan dari bahan baku yang dengan mudah ditemui. "Bahan baku yang diolah menjadi bahan siap konsumsi akan membuatnya bernilai jual lebih tinggi. Ini merupakan industri kreatif di bidang makanan," kata Kepala Kantor Ketahanan Pangan, Hari Tjahjono, Jumat (20/3).

Disebutkan, misalnya, ada pizza sukun, puding ubi jalar, sup labu kuning, brownies waluh, dan kripik bentul balado. Semua bahan baku makanan tersebut gampang didapatkan di pasar dengan harga murah. Namun, setelah diolah, nilai jualnya pasti lebih tinggi,

Pelatihan tersebut dilaksanakan satu minggu sekali. Lokasinya, di kelurahan yang sudah terdaftar dalam data Musrenbang Pemkot. Kelurahan itu sudah lebih dulu mengajukan permohonan pelatihan pemberdayaan masyarakat.

Ketahanan Pangan juga berkoordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain. Harapannya, tidak terjadi over lapping dengan dinas lain. Koordinasi juga berfungsi sebagai bentuk pendampingan. Masyarakat yang sudah dilatih akan dipantau terus menerus oleh dinas terkait.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pemkot Surabaya

Berita Terkait

Bangsaonline Video