Koperasi di Kabupaten Malang Diminta untuk Aktif

Koperasi di Kabupaten Malang Diminta untuk Aktif Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Malang, , meminta koperasi di wilayahnya untuk selalu eksis dan aktif. Menurut dia, koperasi adalah pilar ekonomi dan perannya saat ini semakin vital.

harus berperan aktif dan tetap eksis, serta menjadi sentral dalam mewujudkan ketahanan ekonomi nasional,” ujarnya saat membuka Rapat Kinerja Dewan Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Jawa Timur 2022, Minggu (23/1) malam.

Baca Juga: Bupati Sanusi Sapa Para Pekerja Dua Pabrik Rokok di Malang

Didik menilai, koperasi juga bagian dari tiga pilar ekonomi bangsa bersama BUMN dan BUMD. Maka dari itu, ia menyebutkan bahwa koperasi harus terkelola secara efisien dan efektif.

, lanjut Didik, harus mempunyai SDM yang berkompeten dan handal. Bahkan, koperasi memerlukan partisipasi aktif seluruh anggotanya agar mampu bergerak dinamis dalam menjawab berbagai tantangan zaman yang semakin kompleks.

Ia pun menegaskan pentingnya gerakan transformasi koperasi. Dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kata Didik, koperasi sudah harus bersandar pada sistem digital (e-commerce) sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada anggota dan kepada masyarakat.

Baca Juga: Projo Deklarasikan Dukungan ke Paslon GUS di Pilbup Malang

hendaknya juga dapat menyusun program dan langkah strategis yang selaras. pun harus mampu bersinergi dengan program pembangunan yang ada di daerah,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dekopin, Sri Untari Bisowarno, mengakui kemajuan koperasi menghadapi tantangan di tengah era digital ini. Ia meyakini, Dekopin bisa membangun digitalisasi koperasi dan meningkatkan jaringan usaha dengan memantapkan semangat kemandirian.

”Harus membangun manajemen koperasi dengan baik. Karena tantangan dalam koperasi itu SDM, struktur dan sistem, serta pengawasan. Setelah itu baru masuk pada era digitalisasi dengan ekosistem agar dapat bergerak secara nasional maupun sampai pada tingkat dunia,” kata Sri. (thu/mar)

Baca Juga: Deklarasi Relasi Jamur, Ketua Dekopinwil: Jangan Sampai Jatim Dipimpin Selain Khofifah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO