Bupati Muhdlor Tunjuk Andjar Surjadianto Jadi Plh Sekda Sidoarjo

Bupati Muhdlor Tunjuk Andjar Surjadianto Jadi Plh Sekda Sidoarjo Andjar Surjadianto. foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pasca memutasi Achmad Zaini menjadi Asisten Administrasi Umum, Bupati mengangkat Andjar Surjadianto menjadi Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) . Andjar saat ini menjabat sebagai Inspektur atau Kepala Inspektorat Kabupaten .

Surat penunjukan itu berdasarkan SK Bupati Nomor 821.2/3597/438.1.1/2022 tentang Penunjukan Plh Sekda Kabupaten adalah Inspektur Kabupaten . Keputusan ini berlaku mulai tanggal 3 Maret 2022 sampai dengan ketetapan selanjutnya.

Baca Juga: Mimik Idayana dan Sodik Monata Kulineran di Sentra UMKM Alas Kuto Sidoarjo

“Plh Sekda dijabat Inspektur Kabupaten mulai tanggal 3 Maret kemarin,” cetus Bupati Muhdlor di Pendapa Delta Wibawa, Minggu (6/3/2022).

Untuk mengisi jabatan sekda definitif, akan dilakukan penjaringan melalui asesmen eselon II. Semua pejabat eselon II di lingkungan Pemkab yang memenuhi persyaratan berkesempatan mengikuti seleksi tes.

“Untuk seleksi masih belum ditetapkan kapan, itu nanti akan diumumkan,” imbuh , panggilan karib .

Baca Juga: Penasihat Hukum Terdakwa Kasus Pemotongan Insentif ASN BPPD Sidoarjo Minta Majelis Hakim Vonis Bebas

Sebelumnya, Andjar sudah lama menjabat di urusan pemeriksa keuangan daerah. Setelah ditunjuk menjabat Plh Sekda, Andjar memiliki dua tanggung jawab. Selain menjadi Plh. Sekda juga bertanggung jawab sebagai Inspektur.

Diberitakan sebelumnya, Bupati melakukan mutasi terhadap 107 pejabat struktural eselon II, III, IV dan pejabat fungsional di lingkungan Pemkab , Rabu (2/3/2022).

Salah satu pejabat yang dimutasi, Sekretaris Daerah (Sekda) Achmad Zaini sebagai Asisten Administrasi Umum yang sebelumnya dijabat Sri Witarsih yang sudah pensiun.

Baca Juga: Jalani Sidang Perdana, Begini Dakwaan Jaksa KPK ke Bupati Sidoarjo Nonaktif

Menurut Bupati Muhdlor, rotasi pejabat hal yang biasa dalam sebuah organisasi. "Pelantikan hari ini merupakan kebutuhan lembaga atau organisasi Pemkab . Mutasi hal yang biasa disesuaikan sebagai bentuk adaptasi jalannya pemerintahan," cetusnya usai melantik Achmad Zaini di Kantor Dinas Bupati.

Prosesi pelantikan digelar dengan prosedur Covid-19, dilakukan di tiga lokasi berbeda, yakni di Kantor Bupati , Pendapa Delta Wibawa, dan SMPN 2 .

"Pejabat yang terpilih dilantik hari ini sudah melalui proses penilaian yang kompetitif untuk menduduki pos yang baru. Dan yang paling penting adalah sesuai dengan kompetensinya," jlentreh .

Baca Juga: Warga Wonocolo Sidoarjo Digegerkan Penemuan Bayi Laki-laki dalam Rumah Kosong

Dalam waktu dekat, pihaknya akan menunjuk pejabat eselon II menjadi pejabat pelaksana tugas (Plt) Sekda. Bersamaan dengan itu, posisi sekda bakal diisi usai rotasi eselon 2 dan seleksi terbuka yang kini berlangsung.

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Zainul Arifin menyatakan, sesuai dengan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) bahwa Sekda dan kepala OPD sama-sama Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP).

"Pergeseran atau mutasi didasarkan pada PP tersebut. Yakni kepala OPD bisa menggantikan Sekda atau Sekda menjadi kepala OPD karena keduanya sama-sama Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama," beber Zainul. (sta/ian)

Baca Juga: Warga Tanjungsari Sidoarjo Dihebohkan Penemuan Mayat di Sungai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO