Hadiri Pemilihan Duta Genre, Bunda Genre Kota Pasuruan Harap Jadi Role Model bagi Generasi Muda

Hadiri Pemilihan Duta Genre, Bunda Genre Kota Pasuruan Harap Jadi Role Model bagi Generasi Muda Bunda Genre Kota Pasuruan, Dr. Hj. Fatma Saifullah Yusuf bersama para pemenang Duta Genre.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Bunda Genre , Dr. Hj.  berharap melalui dapat menjadi role model atau panutan di kalangan generasi muda. Mengingat, hal ini sejalan dengan pemikiran bahwa seorang remaja sangat dipengaruhi oleh teman sebayanya.

“Teman sebaya menjadi tempat yang paling banyak dipilih remaja untuk berdiskusi tentang kesehatan reproduksi yang dialaminya, sehingga remaja memerlukan teman sebaya yang mampu menjadi sumber informasi,” kata Fatma, saat menjadi ketua tim juri pemilihan Tahun 2022, di Gedung Gradika, Sabtu (20/3/2022).

Baca Juga: Lilik Pujiastuti Dilantik Sebagai Penjabat Sementara Wali Kota Pasuruan

Melaui Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) diharapkan mampu menjadi tempat yang digerakkan oleh pendidik sebaya dan konselor sebaya untuk berbagi informasi, melakukan konseling, melakukan rujukan, dan melalukan aktivitas positif dan kreatif.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu ajang untuk mencari sosok remaja pendidik atau konselor sebaya yang nantinya mampu menjadi panutan bagi remaja dalam merencanakan masa depan dan mengisi masa mudanya dengan hal-hal yang positif bagi masyarakat,” ujar Fatma.

Ia juga menyebutkan bahwa pemilihan kali ini, mengusung tema, "Brave to Fight Stunting". Artinya, dibutuhkan peran remaja dalam membantu mempercepat penurunan angka stunting, terutama di .

Baca Juga: Silaturahmi ​Pemkot Pasuruan dengan Tomas dan Ormas, Adi Wibowo Bersyukur karena Hal ini

“Seorang harus dapat menyosialisasikan hal-hal yang mampu membantu percepatan penurunan angka stunting antara lain dengan pemenuhan gizi seimbang bagi remaja putri dan pendewasaan usia perkawinan,” jelas Fatma.

(Bunda Genre , Dr. Hj. saat menjadi juri pemilihan )

Baca Juga: Serahkan Bantuan Alat Disabilitas, Ini Pesan Adi Wibowo kepada Kartar Kota Pasuruan

Ia juga mengatakan bahwa fenomena pernikahan dini di pada tahun 2021 telah tercatat sebanyak 176 pernikahan atau 11.92 persen dari total pernikahan merupakan pernikahan dengan usia istri di bawah 20 tahun.

“Fenomena semacam ini harus kita perhatikan, mengingat banyak sekali permasalahan yang timbul akibat pernikahan di usia dini. Antara lain kematian ibu akibat alat reproduksi yang belum sempurna untuk hamil dan melahirkan, kemudian stunting pada anak akibat gizi ibu yang kurang baik selama proses kehamilan, juga akibat perceraian, KDRT, kemiskinan, dan kurangnya ilmu pengetahuan yang dimiliki,” bebernya

Maka dari itu, pihaknya berharap agar ke depannya dengan adanya pembinaan ketahanan remaja melalui program genre dapat menghapuskan perkawinan anak dan kehamilan pada remaja.

Baca Juga: Tiga Bangunan Teras Toko di Pasar Kebonagung Kota Pasuruan Roboh

Pemilihan itu diikuti oleh 59 calon peserta, kemudian disaring menjadi 41 peserta. Saat grand final tercatat sebanyak 10 peserta putra dan 10 peserta putri. Izzatul Mula dan M. Nur Faizin terpilih menjadi pemenang dan menjabat sebagai Tahun 2022 yang akan menjalankan tugas selama 1 tahun ke depan. (ard/par/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Heboh, Bayi Diduga Hasil Hubungan Gelap Ditemukan Warga Kota Pasuruan di Saluran Irigasi Sawah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO