Jalani KKN Tematik, Ratusan Mahasiswa IIKNU Tuban Diminta Fokus Tangani Stunting dan ODF

Jalani KKN Tematik, Ratusan Mahasiswa IIKNU Tuban Diminta Fokus Tangani Stunting dan ODF Camat Merakurak Mustakim saat memasangkan jaket KKN pada mahasiswa IIKNU.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 275 Mahasiswa Institut Ilmu Kesehatan Nahdlatul Ulama (IIKNU) Tuban mengikuti pembekalan kuliah kerja nyata (KKN) tematik di Balai Desa Mandirejo, , Kabupaten Tuban, Senin (18/7/2022).

Mereka bakal disebar di 13 desa di untuk mengikuti program pengabdian kepada masyarakat. Keberadaan ratusan mahasiswa kesehatan itu diharapkan mampu menganalisis problematika yang ada di setiap desa.

Baca Juga: PKKMB 2024, Unirow Tuban Ingin Wujudkan Generasi Emas Berkarakter

"Dengan terjun langsung ke masyarakat, ini dapat mencari permasalahan yang ada di desa dan menyelesaikannya," jelas Rektor IIKNU Tuban, Miftahul Munir.

Munir menjelaskan, setiap civitas akademika perguruan tinggi mempunyai tanggung jawab mewujudkan dan melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Yakni, pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian masyarakat.

"Pengabdian kepada masyarakat salah satunya dengan KKN. Tahun ini kita fokus pemberdayaan tentang kesehatan," ucapnya.

Baca Juga: BNN Tuban Deklarasikan Kampus Bersinar di IIKNU

Adapun sasaran KKN adalah 13 desa, yakni Temandang, Tlogowaru, Sembungrejo, Senori, Borehbangle, Tuwiri Kulon, Tuwiri Wetan, Tahulu, Tegalrejo, Bogorejo, Sumberjo, Sendanghaji, dan Sumber.

Menanggapi hal itu, Camat Merakurak M. Mustakim sangat mendukung pelaksanaan KKN yang berlangsung di wilayah kerjanya.

Dirinya berharap fokus KKN Tematik IIKNU di wilayah Merakurak adalah pengentasan stunting dan (). Sebab, angka di Merakurak masih peringkat ketiga dari bawah di antara 20 kecamatan di Kabupaten Tuban. Sehingga diharapkan bisa mendorong masyarakat dan menambah desa .

Baca Juga: Pipas Cabang Lapas Tuban Turut Cegah Stunting

"Di Merakurak baru dua desa yang sudah , yaitu Kapu dan Temandang, sisanya belum . Semoga dengan keberadaan adik-adik mahasiswa ini dapat membantu memberi pemahaman kepada masyarakat pentingnya menjaga kebersihan lingkungan," harapnya.

Menurut Mustakim, minimnya desa itu salah satunya disebabkan letak geografis Merakurak yang banyak dilintasi aliran sungai. Sehingga, masyarakat lebih memilih buang hajat di sungai, meskipun kadang di rumahnya sudah ada jamban.

"Tolong dorong masyarakat BAB pada tempatnya, demi mengurangi jumlah desa atau buang air besar sembarangan," pintanya.

Baca Juga: Dibekali Asuransi, Rektor Unirow Tuban Lepas 451 Mahasiswa KKN

Penurunan stunting, lanjut Mustakim, sejalan dengan program Pemkab Tuban guna. Diketahui, angka stunting Kabupaten Tuban saat ini masih pada kisaran 11,64 persen.

"Edukasi stunting sejak usia sebelum nikah sudah sering kita lakukan bersama kader desa dan KUA. Dan mahasiswa KKN ini juga diharapkan punya peran itu," tutupnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO