Respons Imbauan Wali Kota Kediri, Paguyuban Pedagang Pinggir Sungai Brantas Pilih Tutup Sementara

Respons Imbauan Wali Kota Kediri, Paguyuban Pedagang Pinggir Sungai Brantas Pilih Tutup Sementara Bantaran Sungai Brantas di Jalan Inspeksi Brantas yang biasanya ramai pengunjung, nampak lengang. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tak seperti hari-hari sebelumnya yang dipenuhi pedagang, mulai hari ini (Selasa (18/10/2022), area bantaran di Jalan Inspeksi Brantas, , tampak lengang.

Paguyuban Pedagang Wisata Bantaran Brantas memilih untuk sementara menutup dagangannya. Hal tersebut menyusul imbauan Wali terkait kenaikan debit imbas dari curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Karesidenan Kediri belakangan ini.

Baca Juga: Polres Kediri Kota Tangkap Pelaku yang Aniaya Adik Kadungnya hingga Tewas, Apa Motifnya?

Sulistianto, Ketua Paguyuban Pedagang Wisata Bantaran Brantas, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada para pedagang (warung) yang biasa berjualan di Bantaran , untuk tidak berdagang terlebih dulu.

“Sejak kemarin kami sudah menyosialisasikan kepada para pedagang di sini, mempertimbangkan keamanan pengunjung, mengingat kenaikan debit . Kami sepakat untuk tutup sementara sampai kondisi kembali membaik,” tuturnya, Selasa (18/10/2022).

Menurut Sulis, imbauan tersebut juga untuk merespons imbauan Wali , agar mengurangi aktivitas di bibir sungai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Masuk Nominasi Award Peduli Ketahanan Pangan, Pj Wali Kota Kediri Paparkan Sejumlah Program

"Kami juga informasikan kepada pengunjung yang datang, bahwa untuk sementara kami tutup sampai debit air kembali normal," tutupnya.

Sementara itu, Kalaksa BPBD , Indun Munawaroh, mengatakan bahwa curah hujan yang tinggi terutama di wilayah Blitar membuat level air di Bendungan Lodoyo tinggi dan dilakukan pembukaan bendungan.

“Kami dapat informasi dari Jasa Tirta, bahwa bendungan Lodoyo Blitar telah dibuka. Tentu hal ini berdampak pada peningkatan debit yang melintas di ,” jelasnya.

Baca Juga: Prawoto, Pensiunan PNS di Kota Kediri Rasakan Manfaat Program JKN di Usia Senja

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk sementara mengurangi aktivitas di bibir sungai demi menjaga keamanan. Hal itu sesuai pesan yang disampaikan oleh Wali .

"BPBD siap siaga 24 jam untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan sekaligus mengedukasi masyarakat,” kata Indun.

Sebagai informasi, mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan untuk memastikan keamanan pengguna jalan, Jembatan Brantas Lama untuk sementara tidak bisa dilalui alias ditutup dari aktivitas lalu lintas.

Baca Juga: Di Sosialisasi KITA, Pj Wali Kota Kediri Dorong Kemudahan Warga dalam Administrasi Kependudukan

Meski begitu, para pengguna jalan masih bisa melalui Jembatan Brawijaya dan Jembatan Semampir. Hal ini dilakukan, karena ada peningkatan debit yang cukup signifikan. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO