5 Olahraga Pilihan untuk Kesehatan Jantung

 5 Olahraga Pilihan untuk Kesehatan Jantung Berenang merupakan salah satu pilihan olahraga untuk menyehatkan jantung. (foto: pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jantung merupakan organ vital yang menjadi pusat sistem peredaran darah. Sebagian besar organ ini terdiri dari otot yang perlu dijaga kesehatannya. Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan rutin berolahraga menjadi salah satu cara menjaga kebugaran jantung.

Melakukan rutinitas olahraga dengan anjuran yang tepat termasuk salah cara melawan serangan jantung. Selain itu, aktivitas ini juga dapat menjaga agar kadar gula rendah, tekanan darah, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Efek Kacang Tanah Bagi Kesehatan Jantung

Selain pola makan yang tidak sehat, malas berolahraga juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Risiko bertambah meningkat apabila dilakukan dengan sering rebahan, banyak duduk, atau gaya hidup tidak aktif.

Rekomendasi dari Asosiasi Ahli Penyakit Jantung Amerika Serikat (AHA), menerangkan sedikitnya orang dewasa melakukan gerakan olahraga 150 menit per minggu dengan intensitas sedang . Berikut pilihan jenis olahraga terbaik untuk .

1. Bersepeda

Baca Juga: Ampuh Redakan Maag dan Kelola Diabetes, Inilah 5 Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

Seperti yang dikutip oleh Better Health, olahraga bersepeda dapat menguatkan otot jantung, memusnahkan kadar lemak dalam darah, dan menurunkan detak jantung. Dalam penelitian juga membuktikan bahwa bersepeda secara rutin dapat menurunkan resiko terkena ancaman penyakit jantung bahkan hingga 50 persen.

2. Lari

Olahraga yang dibilang paling sederhana ini jika dilakukan secara rutin memiliki kemungkinan 45 persen lebih rendah meninggal akibat stroke atau serangan jantung dibanding orang yang tidak melakukan olahraga ini.

Baca Juga: Baik Bagi Kesehatan Jantung, Inilah 5 Manfaat dari Putih Telur

Selain itu, olahraga lari dapat meminimalkan kerja jantung, memperkuat jaringan otot jantung, dan menurunkan risiko ancaman penyakit jantung.

3. Yoga

Yoga adalah olahraga yang menggabungkan antara pikiran dan tubuh. Dilansir dari UPMC, yoga bermanfaat untuk menjaga jantung tetap sehat dengan menaikkan sirkulasi dan aliran darah. Sebagai manfaat tambahan, yoga diketahui juga dapat menurunkan kolesterol, kadar gula darah, detak jantung, dan tekanan darah.

Baca Juga: 5 Pilihan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung, ada Alpukat Salah Satunya

4. Jalan kaki cepat

Jalan kaki cepat merupakan gerakan berjalan yang cukup cepat, namun tidak sama dengan berlari. Olahraga yang baik untuk menyehatkan jantung yang murah, mudah, atau dapat dilakukan kapan dan di mana saja, jalan kaki cepat adalah kuncinya. Seperti yang dikutip dari WebMD, olahraga dengan jalan kaki cepat selama 30 menit, 5 kali dalam seminggu untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

5. Berenang

Baca Juga: IJN Kenalkan Inovasi Baru, Terapi TPV untuk Jantung Bawaan

Olahraga yang satu ini dilakukan dengan menggerakkan bagian tubuh (tangan dan kaki) agar tidak tenggelam di dalam air. Dikutip dari halaman Harvard Health, berenang memiliki manfaat untuk menopang sirkulasi oksigen yang ada pada tubuh sehingga lebih efisien. Hal ini akan membuat napas dan detak jantung lebih melambat. (git).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO