Cabut Rekomedasi Kemenag, Imigrasi Pamekasan: Paspor Haji dan Umroh Hanya Perlu dari Biro Travel

Cabut Rekomedasi Kemenag, Imigrasi Pamekasan: Paspor Haji dan Umroh Hanya Perlu dari Biro Travel Kasi Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Imigrasi Pamekasan, Farhan Ferdiansyah. Foto: DIMAS M. S./BANGSAONLINE

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Kasi Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Imigrasi , Farhan Ferdiansyah, mengatakan bahwa pihaknya mencabut surat rekomendasi dari Kementerian Agama () terkait paspor untuk Haji dan Umroh.

"Peraturannya itu dicabut karena pada dasarnya adalah permenkumham nomor 18 tahun 2022. Pada pasal 4 dan 5 itu sebenarnya tidak ada persyaratan melampirkan surat rekomedasi dari Kementerian Agama, makanya itu dicabut," ujarnya saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Rabu (1/3/2023).

"Calon jemaah Haji khusus dan Umroh kini hanya perlu melampirkan surat rekomendasi untuk paspor dari biro travel bermaterai. Contoh jemaah Haji khusus itu adalah ONH Plus, jadi untuk Haji yang reguler tetap menggunakan persyaratan dari Kementerian Agama," paparnya menambahkan.

Menurut dia, pencabutan rekomendasi dari mempermudah pemohon untuk pembuatan paspor Umroh. Namun, yang diwajibkan menggunakan rekomendasi dari ialah bagi usia 15-50 tahun karena masih usia produktif.

"Itu sudah berdasarkan Surat Edaran Dirjen yang keluar pada 22 Februari 2023. Jika di atas 50 tahun sudah tidak perlu menggunakan surat rekomendasi dari Kementerian Agama untuk peraturan sebelumnya," pungkasnya. (dim/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO