Pelayanan Adminduk Dispendukcapil Gresik Pindah ke Mal Pelayanan Publik

Pelayanan Adminduk Dispendukcapil Gresik Pindah ke Mal Pelayanan Publik Masyarakat saat antre layanan Adminduk di MPP Gresik. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE.com

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Gresik pindah ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gresik, Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo 245, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Sebelumnya, pelayanan Adminduk dilakukan di Kantor Dispendukcapil, Jalan KH Wachid Hasyim, Kecamatan Gresik.

Baca Juga: Disambangi Dirjen Dukcapil, Wakil Bupati Gresik Minta Dibantu Mesin Cetak e-KTP

Hal tersebut, dibenarkan oleh Kepala Dispendukcapil Gresik, Muhammad Hari Syawaluddin.

"Pelayanan Adminduk sudah dibuka di MPP. dibuka sejak Senin (6/3/2023) kemarin. Jadi masyarakat bisa langsung datang ke sini (MPP)," katanya, Selasa (7/3/2023).

Selain pelayanan di MPP, ia mengatakan, pihaknya juga membuka layanan Adminduk secara online melalui website poedak.gresikkab.go.id.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, MPP Pemkab Gresik Layani Taspen

"Selain online, pelayanan Adminduk juga bisa dilakukan di kantor desa/kelurahan dan kecamatan. Penyesuaian tempat ini sebagai langkah agar memudahkan masyarakat untuk dapat memperoleh pelayanan Adminduk secara mudah dan cepat," tuturnya.

Ia juga menyampaikan, pada tingkat desa/kelurahan, layanan Adminduk telah dimudahkan dengan petugas yang siap membantu pengisian formulir dan kemudian mencetak domumen kependudukan.

Seperti Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran atau kematian. Begitu pun di kecamatan yang dilengkapi dengan fasilitas rekam dan cetak KTP elektronik dan KTA, masyarakat bisa melakukan pencetakan dokumen tanpa harus ke kantor pusat.

Baca Juga: Percepat Layanan Perizinan, DPMPTSP Gresik Launching Klinik Bisnis

Muhammad Hari mengatakan, pihaknya juga akan menerapkan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau yang lebih dikenal dengan Digital ID IKD, merupakan inovasi Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri untuk digitalisasi dokumen kependudukan.

"Saat ini baru diperoleh 11 ribu orang yang sudah terdata Digital ID dari yang ditargetkan Ditjen Kependudukan sejumlah 246 ribu orang. Insya Allah target ini dapat dituntaskan di akhir tahun 2023," terangnya.

Agar lebih meningkatkan pelayanan, pihaknya juga akan melakukan jemput bola di sejumlah tempat keramaian.

Baca Juga: Datangi DPMPTSP Gresik, Bu Min Ajak ASN Bayar Zakat

"Kami juga akan hadir di setiap event Pemkab Gresik untuk memberikan pelayanan," tutupnya. (hud/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO