Gandeng Poltekkes Surabaya, Ikatemi Sidoarjo Beri Penyuluhan ke 6 Puskesmas

Gandeng Poltekkes Surabaya, Ikatemi Sidoarjo Beri Penyuluhan ke 6 Puskesmas Kadinkes Sidoarjo, DPC Ikatemi Sidoarjo serta Poltekkes Surabaya saat gelar pengabdian masyarakat. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pentingnya perawatan dan pemeliharaan peralatan medis menjadi perhatian sendiri bagi DPC Ikatan Elektromedis Indonesia (Ikatemi) . Persoalan tersebut perlu terus menerus disosialisasikan kepada para tenaga medis, termasuk di tingkat puskesmas.

Untuk itu, DPC Ikatemi bekerjasama dengan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Surabaya menggelar Pengabdian Masyarakat 2023 bertajuk "Pendampingan dan Penyuluhan Kader Puskesmas melalui Edukasi Pentingnya Pemeliharaan dan Pemantauan Fungsi Peralatan Medis".

Baca Juga: Mimik Idayana dan Sodik Monata Kulineran di Sentra UMKM Alas Kuto Sidoarjo

Pengabdian masyarakat ini berupa kegiatan penyuluhan dan pendampingan bagi enam puskesmas di Kota Delta, terkait perawatan alat diagnostik.

Sebelum melaksanakan kegiatan, Tim Penyuluhan dan Pendampingan DPC Ikatemi dan Poltekkes Surabaya diberangkatkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Fenny Apridawati, di Kantor Dinkes , Rabu (14/6/2023).

Ketua DPC Ikatemi Ahmad Mukhlis menjelaskan, penyuluhan dan pendampingan tersebut digelar di enam puskesmas di . Yakni Puskesmas Ganting Gedangan, Trosobo Taman, Sidodadi Candi, Urangagung , dan Kepadangan Tulangan.

Baca Juga: Penasihat Hukum Terdakwa Kasus Pemotongan Insentif ASN BPPD Sidoarjo Minta Majelis Hakim Vonis Bebas

Mukhlis menambahkan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ditujukan sebagai bentuk dukungan jurusan Teknik Elektromedik Politeknik Kesehatan dengan metode edukasi melalui penyuluhan dan layanan.

"Selain itu, kegiatan ini sekaligus guna mengaplikasikan ilmu sesuai bidang kompetensi yakni elektromedis ke pengguna alat, dalam hal ini puskesmas yang merupakan titik pelayanan kesehatan masyarakat terdepan," cetusnya.

Pengabdian masyarakat ini digelar mulai 13 hingga 14 Juni 2023 dengan langsung mendatangi enam puskesmas tersebut. Mukhlis menegaskan, 6 puskesmas tersebut selama ini juga merupakan daerah binaannya.

Baca Juga: Jalani Sidang Perdana, Begini Dakwaan Jaksa KPK ke Bupati Sidoarjo Nonaktif

"Sehingga diharapkan petugas tenaga kesehatan di puskesmas ini bisa mengubah perilaku dalam penanganan alat kesehatan menjadi lebih baik dan sesuai standar operasional peralatan kesehatan,” harapnya.

Dijelaskannya, tim penyuluhan ini terbagi menjadi enam tim. Masing-masing tim berjumlah sepuluh personil, diantaranya dari dosen dan mahasiswa.

Mereka melakukan pengenalan, penyuluhan, pendampingan dalam menangani alat kesehatan sesuai standar prosedur penggunaan alat sehingga meminimalisasikan human error saat penggunaan alat ke pasien.

Baca Juga: Warga Wonocolo Sidoarjo Digegerkan Penemuan Bayi Laki-laki dalam Rumah Kosong

Direktur Poltekkes Kemenkes Surabaya, Luthfi Rusyadi menambahkan kegiatan ini merupakan pengabdian masyarakat, terkait dengan pemberian penyuluhan edukasi kepada para kader puskesmas untuk memantau dan pemeliharaan alat medis.

Kegiatan ini hasil kerjasama antara Poltekkes Kemenkes Surabaya, DPC Ikatemi dan Dinkes . Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada pengguna alat medis yang ada di puskesmas.

"Kemudian yang kedua tentunya kita akan melakukan kalibrasi alat-alat yang digunakan di puskesmas sehingga ada jaminan terhadap alat tersebut. Intinya kita akan terus menjalin kerjasama ini agar bisa lebih dekat lagi dengan ," tuturnya.

Baca Juga: Warga Tanjungsari Sidoarjo Dihebohkan Penemuan Mayat di Sungai

Kepala Dinkes , Fenny Apridawati berharap kegiatan ini bisa menambah wawasan perihal seputar alat kesehatan dan peralatan kesehatan yang ada di puskesmas agar bisa lebih terjaga keamanan dan keakurasiannya.

“Kami sangat terkesan dengan kegiatan pengabdian masyarakat dari Poltekkes Surabaya dan DPC Ikatemi ini. Programnya sangat bermanfaat terutama dalam menangani alat kesehatan. Dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bisa membantu program pemerintah dalam penanganan alat kesehatan untuk mengurangi resiko kerusakan alat yang fatal," tandas Fenny. (sta/git)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO