Pasar Relokasi Kota Batu Kembali Terbakar

Pasar Relokasi Kota Batu Kembali Terbakar Kebakaran yang terjadi di pasar relokasi Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Pasar relokasi Kota yang berada di Jalan Sultan Agung, kembali terbakar, Kamis (15/6/2023) pagi. Kali ini, ada 7 kios yang hangus dengan total kerugian diperkirakan mencapai Rp300 juta.

Kabid Pemadaman, Penyelamatan dan Sarpras Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota , Santoso Wardoyo, mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi di pasar relokasi diduga akibat korsleting.

Baca Juga: Si Jago Merah Hanguskan Pembuatan Sangkar Burung di Kota Batu

"Kebakaran di sebabkan dari korsleting listrik pada stan pakan ternak, yang terbakar yaitu stan unggas, pakan ternak, ikan hias," ujarnya.

Menurut dia, kebakaran terjadi sekira pukul 06.00 WIB.

Baca Juga: The Legend Stars Jatim Park 3 Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp300 Juta

"Itu berdasarkan laporan dari masyarakat yang menghubungi kami, jika terjadi kebakaran di relokasi Pasar Kota ," imbuhnya.

Kebakaran tersebut, kata dia pihaknya menerjunkan armada dua unit mobil suplay, satu unit rescue, empat unit gajah dan satu unit truk untuk memadamkan api.

"Dari PMK mengerahkan beberapa personil yang dibantu BPBD, Satpol PP, UPT pasar, Dishub, warga sekitar pasar relokasi beserta para relawan untuk memadamkan api. Alhamdulilah, api berhasil kami padamkan dengan cepat dan beruntung tidak ada korban jiwa," papar Santoso .

Baca Juga: 6 Pendaki dari Gresik Tersesat di Gunung Buthak Panderman

Dalam penanganannya, masih kata dia, pihaknya melibatkan beberapa personil yang bertugas.

"Regu Jaya, regu Brama (lepas piket), regu Yudha (siaga), Kabid penanggulangan kebakaran, Kabid pemadam kebakaran dan penyelamatan dan sarana prasarana, dan Kasi pemadam kebakaran," urainya.

Pihaknya juga berpesan sekaligus mengimbau kepada masyarakat, agar selalu mengecek setiap saat kabel-kabel listrik yang sudah usang atau mengelupas untuk segera diperbaiki, agar tidak terjadi percikan yang berpotensi mengakibatkan kebakaran.

Baca Juga: Lupa Matikan Tungku Api, Kandang Sapi di Kota Batu Ludes Terbakar

"Selalu mengecek setiap saat, karena listrik itu bermanfaat bagi kita tapi kalau kita salah dalam hal penanganannya, maka akibatnya bisa fatal terjadi kebakaran. Jadi, sama dengan kebakaran yang terjadi pertama kali itu. Karena itu juga diakibatkan pemanas air yang kelupaan tidak dicabut, hingga pada akhirnya mengakibatkan konsleting listrik yang memicu terjadinya kebakaran," pungkasnya. (adi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Balita Perempuan Disiksa Calon Bapak Tiri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO