Tips Mengatasi Anak Tantrum

Tips Mengatasi Anak Tantrum Anak Tantrum

SIDOARJO,BANGSAONLINE.com - Memiliki anak adalah anugerah dari Tuhan yang patut disyukuri. Sebagai orang tua tentu menginginkan buah hatinya baik dan menurut kepadanya. Tapi ada fase anak mengalami emosi tidak stabil, meluapkan emosinya secara berlebih, menangis keras, berteriak, berguling, atau melempar barang. 

Hal ini dinamakan tantrum / temper tantrum pada anak yaitu suatu kondisi emosional yang umum dialami anak usia kisaran 1-4 tahun. Ada beberapa penyebab , dan simak informasi berikut:

1. Terhalang Keinginan Anak

Anak akan meluapkan emosinya ketika keinginannya tidak terpenuhi, keinginan terhalang bisa karena memang tidak ada atau membahayakan untuk dirinya. 

2. Tidak Mampu Mengungkapkan

Anak yang belum mampu menggunakan kata-kata untuk mengekspresikan keinginannya, hal ini bisa membuat anak frustasi karena orang tua tidak mengerti yang disampaikan oleh anak. Atau memang anak hanya mencari perhatian saja

3. Berada di Posisi Tidak Nyaman

Ketika anak berada ditempat atau kondisi yang membuatnya tidak nyaman, ia akan meluapkan perasaannya dengan menangis atau berteriak. Karena anak belum mampu untuk menjelaskannya lewat kata. 

Orang tua akan di uji kesabarannya saat , biasanya orang tua akan merasa kesal dan ikut emosi. Jika memarahi anak saat tantrum sia-sia saja. Berikut tips mengatasi

1. Orang Tua Tidak Perlu Merasa Malu

Ketika di depan umum orang tua tidak perlu merasa malu. beri waktu anak untuk meluapkan emosinya sesaat, ajak anak ketempat yang sepi. 

2. Tunjukan Anda Tidak Panik

Jangan panik dan tunjukan bahwa orang tua tetap tenang ketika , jika panik anak akan semakin sulit untuk didiamkan.

3. Mengalihkan Perhatian Anak

Ketika anak merasa tidak nyaman, orang tua bisa mengalihkan perhatian anak. Tunjukan benda yang bergerak atau tunjuk ke atas langit melihat burung atau pepohonan. 

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO