Jadi Pengajar Sehari di SDN Bangsal, Bupati Mojokerto Ajak Guru Sekolah yang Menyenangkan

Jadi Pengajar Sehari di SDN Bangsal, Bupati Mojokerto Ajak Guru Sekolah yang Menyenangkan Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, saat menjadi guru sehari di SDN Bangsal.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Bupati , Ikfina Fahmawati, menjadi guru sehari di SDN Bangsal, Senin (17/7/2023). Di sana, perempuan pertama yang memimpin bekas kerajaan Majapahit itu mengajar anak-anak kelas 1 untuk membaca tulisan sederhana.

Jadi guru sehari tentu menyenangkan bagi siswa-siswi yang baru menginjak bangku di sekolah dasar. Sejumlah siswi juga tak segan menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan Bupati.

Baca Juga: Khofifah Bangga, Industri Kertas Tisu di Ngoro Mojokerto Nyaris 100 Persen Berorientasi Ekspor

"Ayo, mbaknya dikenalkan siapa namanya," kata bupati mengajak seorang siswi berinteraksi.

Dengan malu-malu, siswi ini mengenalkan diri. Ia pun tak lagi canggung ketika bupati mengajaknya bertutur panjang lebar.

Menurut orang nomor satu di Pemkab itu, mengajar anak-anak dengan cara menyenangkan akan membentuk tumbuh kembang anak secara optimal.

Baca Juga: Di Pelantikan Perhiptani Mojokerto Periode Baru, Bupati Ikfina Harap Adanya Generasi Muda Cinta Tani

"Jadi kita perlu minta dukungan dari ibu-bapak semuanya. Bagaimana kemudian kita nanti memberikan penguatan-penguatan agar anak-anak ini senang belajar dan senang sekolah. Dan kita berupaya bagaimana anak-anak yang masuk kelas 1 SD ini bisa memaknai proses belajar ini sebagai sesuatu yang positif dan menyenangkan," paparnya.

Transisi PAUD ke SD, lanjut Ikfina, merupakan proses perpindahan peran anak sebagai peserta didik PAUD menjadi peserta didik SD dan penyesuaian diri anak dengan lingkungan belajar baru. Kesiapan bersekolah harus berangkat dari tujuan pembelajaran yang sesungguhnya, yaitu memastikan setiap anak mendapatkan haknya memiliki kemampuan pondasi untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

"Sehingga, transisi PAUD ke SD adalah upaya untuk memastikan setiap anak mendapatkan haknya terlepas dari manapun titik berangkat anak," pungkasnya. (yep/mar) 

Baca Juga: ​Peringatan Maulid Nabi di Ponpes Sabiul Muttaqien, Khofifah: Gravitasi Kuat Syafaat Rasul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO