Bangunan MCK di Desa Bira Timur Diaudit Inspektorat Sampang

Bangunan MCK di Desa Bira Timur Diaudit Inspektorat Sampang Pengerjaan MCK di Wisata Balanan, Sampang. Foto: MUTAMMIM/BANGSAONLINE

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - Plt Kepala Inspektorat , Ariwibowo Sulistyo, membenarkan pihaknya tengan melakukan audit pengerjaan mandi cuci kakus (MCK) di Desa Bira Timur, Kecamatan Sokobanah. Pasalnya, ditemukan kejanggalam dalam progres pembangunan MCK di Wisata Balanan.

"Ya, betul. Dari inspektorat melaksanakan monitoring di Desa Bira Timur, hasil dari monitoring itu ditemukan sebuah pengerjaan MCK, sekarang masih proses audit penghitungan," ujarnya saat dikonformasi BANGSAONLINE.com, Selasa (8/8/2023).

Baca Juga: Kapolres Sampang Nyatakan Netralitas Seluruh Jajarannya di Pilkada Serentak

Menurut dia, hasil dari audit pengerjaan MCK tidak bisa dibuka pada publik karena diatur dalam kode etik Inspektorat. Ariwibowo juga tidak menjawab saat ditanya temuan pengerjaan nol persen.

"Mohon maaf hasil audit itu tidak bisa kami umumkan karena itu bagian dari kode etik Inspektorat," ungkapnya.

Inspektorat berdalih hanya melakukan pengawasan dan memastikan setiap kegiatan-kegiatan di Desa yang dianggarkan dari APBDes dikerjakan.

Baca Juga: Ziarah ke Makam Gubernur Jatim M Noer di Sampang, Cipung Apresiasi Kinerja Khofifah Periode Pertama

"Termasuk MCK di Bira Timur ini, salah satu kegiatan tahun anggaran 2022 kami lakukan audit," katanya.

Dia menjelaskan, prosedur audit dari Inspektorat hanya mengawasi progres dari pengerjaan dan menyesuaikan kegiatan itu sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB). Ditanya hasil progres itu, Ariwibowo mengarahkan untuk bertanya langsung kepada Pemdes setempat.

"Prosedur Inspektorat hanya mengawasi progres dan menyesuaikan RAB saja. Kalau soal progres silahkan nanya ke Desa," tambahnya.

Baca Juga: Gagal Damai, Kasus Penipuan Mantan Bupati Sampang Berlanjut

Sementara Pj Kepala Desa Bira Timur, Anggun, mengaku tidak tahu soal temuan inspektorat tersebut. Sebab, dirinya saat itu belum menjabat di Desa.

"Saya tidak tahu soal itu, nanti dulu ya, saya mau tanya ke Mantan Kepala Desa," singkatnya. (tam/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO