Hadapi Beroperasinya Bandara, Bupati Dhito Berharap Produk UMKM Kediri Siap Dijual Skala Nasional

Hadapi Beroperasinya Bandara, Bupati Dhito Berharap Produk UMKM Kediri Siap Dijual Skala Nasional Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri memberikan motivasi bagi wirausaha muda dan pelaku UMKM Kabupaten Kediri yang masih berjuang untuk dapat eksis dan lebih memiliki daya saing.

Ia menyebut, pelaku UMKM sangat penting untuk melakukan inovasi. Dia mencontohkan pada produk kuliner, perlu adanya inovasi pada kemasan atau packaging supaya produk yang dijual lebih menarik konsumen.

Hal itu lantaran masih ditemukan produk makanan di pasaran yang dijual kurang memperhatikan packaging, namun dari kualitas rasa sudah enak.

Selain itu, bupati yang merupakan Putra Menseskab Pramono Anung tersebut juga menekankan pentingnya merubah mindset pelaku UMKM. Sebab, sejauh ini masih banyak yang hanya sebatas berjualan untuk menyambung hidup tanpa mempedulikan penghitungan biaya operasional dengan omzet penjualan.

"Perlu dijaga eksistensinya, kredibilitas, dan jangan pernah merasa sudah berada di zona nyaman," pesan Dhito dalam acara seminar inspirasi wirausaha muda 'From Zero to Hero' di Convention Hall, Kamis (10/8/2023).

Untuk menguatkan UMKM di Kabupaten Kediri, sebanyak 200 pelaku usaha mikro dari beberapa sektor baik kuliner, jasa, kerajinan, maupun fashion dikumpulkan di convention hall. Mereka diberikan pendampingan, termasuk difasilitasi dalam pengurusan perizinan.

Dari data yang tercatat di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Kopusmik) Kediri, tercatat sekira 9.475 pelaku usaha mikro di mana mayoritas sebanyak 6.195 usaha mikro bergerak di bidang kuliner.

Melalui kegiatan seminar tersebut, pihaknya berharap pelaku UMKM di Kabupaten Kediri dapat terus tumbuh dan lebih berdaya saing. Terlebih potensi pasar saat ini dinilai sangat besar bagi pelaku UMKM, terutama adanya bandara yang sudah akan beroperasi dalam hitungan bulan.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO