Jelang HUT RI, Gubernur Khofifah Salurkan Tali Asih untuk Keluarga Pahlawan dan Perintis Kemerdekaan

Jelang HUT RI, Gubernur Khofifah Salurkan Tali Asih untuk Keluarga Pahlawan dan Perintis Kemerdekaan Gubernur Khofifah ketika melepas keberangkatan TKSK dan Tagana untuk menyalurkan tali asih kepada keluarga pahlawan serta perintis kemerdekaan. Foto: DEVI FITRRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur melepas keberangkatan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk menyalurkan tali asih kepada perintis kemerdekaan, janda perintis kemerdekaan, serta ahli waris keluarga pahlawan nasional, Minggu (13/8/2023).

Tali asih diantarkan langsung oleh TKSK dan Tagana Jatim ke alamat penerima menggunakan mobil rescue, serta sepeda motor. Adapun total penerima sebanyak 120 orang, dengan rincian 4 perintis kemerdekaan, 103 janda perintis kemerdekaan,dan 13 ahli waris keluarga pahlawan nasional yang tersebar di 24 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Baca Juga: Barisan Loyalis Gus Dur Lumajang Deklarasi Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

"Apresiasi berupa tali asih ini kita sampaikan melalui teman-teman TKSK dan TAGANA yang luar biasa. Ini adalah bentuk penghargaan dan salam hormat kami kepada perintis, janda perintis kemerdekaan, dan ahli waris pahlawan nasional yang teregistrasi di seluruh Jatim," kata .

Ia mengatakan bahwa pemberian tali asih kepada para perintis kemerdekaan dan keluarganya merupakan wujud penghormatan dan penghargaan terhadap jasa-jasa para pejuang terdahulu. Dimana, tradisi ini rutin dilakukan setiap menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Baca Juga: Jelang HUT Ke-79 Jawa Timur, Adhy Karyono Ziarah dan Tabur Bunga ke Makam Gubernur Soerjo

"Tali asih ini adalah proses menggali keteladanan yang harus terus dibangun dan dijadikan inspirasi untuk terus membangun semangat nasionalisme, patriotisme pada masyarakat," ujarnya.

Tak lupa, berpesan kepada seluruh masyarakat untuk mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya. Karena kemerdekaan yang didapat hari ini melalui perjuangan panjang dan pengorbanan yang dilakukan para pahlawan dan pejuang bangsa.

"Marilah kita merayakan hari kemerdekaan dengan terus menjaga dan menghidupkan nilai-nilai kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan dan pejuang bangsa," tuturnya.

Baca Juga: Hari Batik Nasional 2024: Khofifah Ajak Masyarakat Bangga Berbatik

Di akhir, gubernur juga kembali mengajak masyarakat untuk terus menggelorakan semangat para pejuang melalui cara-cara yang sesuai dengan perkembangan zaman. Semangat yang dimaksud berupa patriotisme untuk membangun Indonesia lebih maju dan lebih hebat.

"Tetap gelorakan semangat patriotisme untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Jadikan semangat para patriot sebagai inspirasi untuk terus bergerak maju berkontribusi bagi pembangunan bangsa," pungkasnya.

Pelepasan tali asih juga dihadiri Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono, jajaran kepala OPD terkait, puluhan anggota TKSK dan Tagana Jatim, serta ribuan masyarakat sekitaran kantor gubernur.(dev/mar)

Baca Juga: Khofifah-Emil Disambut Ulama PWNU Jatim, Bahas Keumatan hingga Peningkatan Kualitas SDM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO