TMMD ke-122 di Kediri: Sinergi TNI Bersama Rakyat, Wujudkan Desa yang Kuat

TMMD ke-122 di Kediri: Sinergi TNI Bersama Rakyat, Wujudkan Desa yang Kuat Pjs Bupati Kediri, Heru Wahono Santoso, bersama sejumlah pejabat dari unsur TNI-Polri saat memberi keterangan kepada wartawan. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kodim 0809/Kediri kembali melaksanakan program Tentara Manunggal Membangun Desa (). Tahun ini merupakan agenda yang ke-122 dengan mengusung tema Dharma Bakti Wujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah.

Rangkaian kegiatan diawali dengan digelarnya Upacara pembukaan yang berlangsung di lapangan Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Upacara yang berlangsung kidmat tersebut dipimpin oleh Pjs Bupati Kediri, Heru Wahono Santoso, Rabu (2/10/2024).

Baca Juga: Semarak Pembukaan TMMD 122 di Pagung Kediri

Upacara diikuti oleh seluruh jajaran Forkopimda baik Kabupaten dan Kota kediri, sedangkan peserta upacara adalah dari Jajaran TNI/Polri, Satpol PP dan organisasi masyarakat. Pemukulan gong oleh Pjs Bupati Kediri menjadi tanda dibukanya kegiatan .

Dalam sambutannya, Pjs Bupati Kediri mengatakan bahwa agenda tersebut bertujuan untuk membantu percepatan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang, serta kondisi juang yang tangguh.

Baca Juga: Pjs Bupati Kediri Ingatkan ASN Jaga Netralitas di Pilkada 2024

Heru juga menyebut, Kodim 0809/Kediri merupakan satu-satunya yang mewakili Kodam V/Brawijaya untuk melaksanakan . Kegiatan ini dilaksanakan mulai hari ini hingga 31 Oktober 2024.

"Terdapat 2 program yaitu fisik dan nonfisik, dimana fisik seperti pembangunan jalan, rumah tidak layak huni, pembangunan sumur untuk air minum, renovasi mushola. Sedangkan yang non fisik yaitu dengan diadakannya pelatihan-pelatihan bekerjasama dengan OPD di Pemerintah Kabupaten Kediri," paparnya.

Kenapa memilih Desa Pagung, ia menjelaskan bahwa wilayah ini merupakan salah satu pengembangan kawasan selingkar wilis, sekaligus termasuk proyek strategis nasional yang pada saat ini berada dalam zona merah kemiskinan.

Baca Juga: Program TMMD ke-122 Berlangsung Mulai 2 Oktober 2024 di Kediri

"Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mendukung percepatan penurunan angka kemiskinan yang secara otomatis dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten Kediri," ucapnya.

Usai melaksanakan upacara, Pjs Bupati Kediri beserta Dandim 0809 dan jajaran forkopimda melakukan peninjauan lokasi proyek fisik pembangunan jalan sepanjang kurang lebih 1.500 meter yang rencananya menghubungkan wilayah desa Pagung kecamatan Semen dengan desa Tiron kecamatan Banyakan.

"Semoga dalam waktu yang cukup singkat hanya 30 hari kedepan proyek fisik pembangunan jalan ini dapat berjalan lancar," kata Dandim 0809/Kediri, Letkol Inf Aris Setiawan.

Baca Juga: Ini Pesan Pjs Bupati Kediri kepada Wisudawan Stikes Ganesha Husada

Ia mengatakan, kesuksesan kegiatan ini adalah sinergi dari semua pihak baik itu TNI/Polri, pemerintah daerah bahu membahu bersama masyarakat dalam membangun desanya.

“Inilah kebersamaan antara TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat karena ini juga merupakan program padat karya yang melibatkan masyarakat setempat dalam pengerjaannya,” ujarnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO