Safari Politik Duet AMIN ke Pesantren Disambut Baik, Abdullah Zabut: Muhaimin Kontrol Anis

 Safari Politik Duet AMIN ke Pesantren Disambut Baik, Abdullah Zabut: Muhaimin Kontrol Anis KH. Abdullah Zabut, Pengasuh Ponpes Roudlatut Tholibin saat membaca koran HARIAN BANGSA.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Safari politik Bacapres dan bacawapres Pasangan Anis Baswedan dan (AMIN) ke sejumlah kiai dan Pondok Pesantren (Ponpes) di Jawa Timur mendapat tanggapan beragam sejumlah kiai. Bahkan, ada sebagian kiai yang mendukung langkah pasangan Amin itu untuk bertandang dan memohon doa restu sejumlah kiai khos di Jawa Timur.

Dukungan atas pasangan Amin keluar dari salah satu pengasuh Ponpes Roudlatut Tholibin, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Kademangan, Kota , KH. Abdullah Zabut. Menurut dia, sangat mendukung langkah Amin untuk meminta doa restu para kiai. Meski, menegaskan pasangan ini tidak lahir dari representasi pendukung NU.

Baca Juga: Terjerat Kasus Korupsi Dana Desa Rp721 Juta, Eks Kades Sidodadi Paiton Ditahan Kejari Probolinggo

Karena, pendukung Anis Baswedan kebanyakan lahir dari kalangan fundamentalis atau radikalisme. Namun, adanya sosok atau cak Imin merupakan penyeimbang dari pasangan ini.

" merupakan tokoh NU dan beliau (Muhaimin-red) merupakan cicit pendiri NU dan beliau dikenal dekat dengan seluruh kiai NU se-Nusantara. Pasangan ini merupakan pasangan yang sempurna dan seimbang," ujar KH. Abdullah Zabut kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (29/9/2023).

Ditegaskan mantan Wakil Ketua DPRD Kota ini, pihaknya sangat bersimpati adanya Muhaimin di barisan pendukung Anis Baswedan sebuah bentuk kontrol.

Baca Juga: 3 Bulan Terakhir, Polres Probolinggo Kota Rilis Puluhan Tersangka Kriminal

"Nah, disini nantinya bisa mengimbangi pasangan ini. Maksudnya, pasangan ini saling melengkapi dari semua kalangan. Baik itu kalangan Aswaja atau NU maupun kaum fundamentalis dari pendukung Anis Baswedan. Tapi, kan Anis Baswedan sendiri lahir dari Islam moderat, " terangnya.

Sementara, ditanya soal dukungan para Kiai di Kota terkait pasangan ini, Abdullah Zabut mengatakan jika seluruh kiai se-Kota sangat mendukung pasangan dan Anis Baswedan.

"Hampir semuanya kiai di Kota mendukung Muhaimin atau Amin ini, daripada Amin itu dilepas terus lari ke orang lain dan menang. Ini kan lebih berbahaya lagi. Makanya, saya rasa banyak kiai Kota mendukung pasangan Amin ini," tegasnya.

Baca Juga: Diduga Ilegal, Bongkar Muat di Pelabuhan Kota Probolinggo Jadi Perhatian

Tidak hanya itu, lagi-lagi Zabut menjelaskan jika Anisnya adalah kaum moderat. Namun, pendukunganya kebanyakan protolan FPI dan lainnya. Dengan adanya NU di dalamnya bakal menjadi penyeimbang keduanya. Artinya, ini sudah ada penyeimbang supaya Anis nanti menang masih bisa dikontrol.

Untuk meyakinkan masyarakat dan sejumlah Kiai di Kota . Menurut Zabut pihaknya telah banyak bertemu sejumlah kiai dan bertanya langsung atas Pasangan Amin ini. Jawabannya, banyak kiai menerima dan setuju pasangan ini.

"Ya itu tadi, Anis dikenal bukan dari kelompok radikal. Tapi, Anis sendiri merupakan moderat. Sementara, didalamnya ada Muhaimin yang merupakan representasi kalangan NU. Figur Muhaimin ini yang dilihat para ulama dan kiai di Kota . Yang kita bidik adalah faktor Muhaiminnya. Kalau bukan NU, siapa lagi," imbuhnya.

Baca Juga: Politikus PKB Kota Batu Beri Ucapan Selamat kepada KH Ma'ruf Amin dan Gus Muhaimin

Pihaknya sangat setuju dan meminta agar pasangan Amin yang telah turun ke sejumlah kiai di Jatim yang dimulai dari Banyuwangi merupakan langkah bagus.

"Saya sangat mendukung sekali, mereka turun ke sejumlah Ponpes di Jatim yang dimulai dari Banyuwangi kemarin. Alhamdulillah, itu bagus sekali," pungkasnya. (ndi/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sejumlah Pemuda di Pasuruan Dukung Muhaimin Maju Calon Presiden 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO