Monev Kurikulum Merdeka, BBPMP Jatim Apresiasi Disdikbud Kota Mojokerto

Monev Kurikulum Merdeka, BBPMP Jatim Apresiasi Disdikbud Kota Mojokerto Monev Kurikulum Merdeka BBPMP dengan Disdikbud Kota Mojokerto.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Timur mengapresiasi implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Kota . Pengampu pendidikan tersebut bahkan memuji Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota yang telah mem-breakdown 6 ketentuan program pemerintah pusat.

Adapun program yang dimaksud yakni, sekolah penggerak, implementasi Kurikulum merdeka, perencanaan berbasis data, pendidikan iklusif, assessmen nasional dan program guru penggerak.

Baca Juga: Kepala Kemenag Lamongan Buka Bimtek Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka

"Kota sudah baik terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Breakdown dari Kementerian Pendidikan Ristek sudah dilaksanakan, implementasi ke satuan pendidikan TK SD SMP," kata Kepala BBPMP Jatim, Sujarno, dalam monitoring dan evaluasi pemantauan komitmen pemerintah daerah tahun 2023 di aula Disdikbud Kota , Rabu (4/10/2023).

Pihaknya juga membuka tangan apabila pelaksanaan kurikulum ini menemui kendala. 

"Kami mendukung semua program tetap dilaksanakan. Jika ada kendala maka kami adakan pendampingan," ucapnya.

Baca Juga: Khofifah Bangga, Industri Kertas Tisu di Ngoro Mojokerto Nyaris 100 Persen Berorientasi Ekspor

Sejauh ini Disdikbud Kota telah melaksanakan 25 episode merdeka belajar yang digelindingkan pemerintah. Kepala Disdikbud Kota , Amin Wachid, mengungkapkan pihaknya sudah mengimplementasikan program-program yang digulirkan.

"Kami sudah melaksanakan program dari dan mengimplementasikannya sampai ke satuan Pendidikan," tuturnya.

Program tersebut menyentuh hingga guru sebagai pihak yang terlibat langsung dalam proses belajar mengajar. 

Baca Juga: Tingkatkan Mutu Pendidikan, Pemkot Mojokerto Segera Tuntaskan Pembangunan Sarana Prasarana Sekolah

"Guru mengimplementasikan modal pembelajaran sesuai dengan program yang ada. Dan penerapan berdasarkan sesuai kurikulum yang menyenangkan," ucap Amin.

Ia juga menegaskan tidak ada kendala aplikasi program di lapangan. 

"Kita tetap membreakdown segala program kementerian Pendidikan disesuaikan dengan iklim Pendidikan di kota ," pungkasnya.

Baca Juga: Di Pelantikan Perhiptani Mojokerto Periode Baru, Bupati Ikfina Harap Adanya Generasi Muda Cinta Tani

Kurikulum Merdeka memiliki sejumlah keunggulan. Seperti peserta didik memilih mata pelajaran sesuai minat,bakat dan aspirasinya. Guru mengajar sesuai capaian dan perkembangan peserta didik dan sekolah memiliki wewenang untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik. (yep/mar) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO