5 Pencetak Gol Termuda di Kualifikasi Euro

5 Pencetak Gol Termuda di Kualifikasi Euro Wayne Rooney tercatat sebagai pencetak gol termuda di kualifikasi Euro. Foto: Twitter @EnglandFootball

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kualifikasi Euro 2024 hampir selesai digelar. Sejumlah pertandingan seru juga telah tersaji untuk memperebutkan tiket lolos ke putaran final.

Salah satu yang menarik perhatian penggemar bola dunia adalah kiprah pemain muda yang bakal memecahkan rekor dalam sejarah kualifikasi Euro.

Beberapa pemain belia tersebut dipercaya negaranya tampil di kualifikasi Euro atau Piala Eropa. Salah satunya adalah eks penyerang Timnas Inggris, .

Mantan superstar Manchester United itu berhasil membukukan rekor sebagai salah satu pemain termuda yang mencetak gol dalam sejarah kualifikasi Euro.

Berdasarkan data Transfermarkt, berikut lima pencetak gol termuda dalam sejarah kualifikasi Euro.

1.

merupakan salah satu pemain muda yang dibawa Timnas Spanyol saat melawat ke Boris Paichadze Erovnuli Stadioni markas Georgia. Masuk menggantikan Dani Olmo yang cedera di menit ke-44, pemain Barcelona tersebut menunjukkan performa yang cukup bagus saat membela Matador pada Kualifikasi Euro 2024 Grup A, (8/9/2023).

Yamal menyumbang satu gol atas kemenangan Spanyol 7-1 melawan pasukan Willy Sagnol. Saat menjebol gawang Giorgi Mamardashvili, Yamal berusia 16 tahun 1 bulan dan 26 hari. Dia pun menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah kualifikasi Euro.

2.

Wales gagal lolos dari Kualifikasi Euro 2008 dengan menduduki peringkat kelima dari tujuh peserta. Meski begitu, mampu mencetak sejarah di turnamen yang sudah memasuki edisi ke-13 kala itu.

Bale mampu mencetak satu-satunya gol Wales ke gawang Slovakia di Millennium Stadium. Usianya ketika itu baru menginjak 17 tahun 2 bulan 21 hari.

Gol yang dicetak pemain yang pernah membela Real Madrid dan Tottenham Hotspur itu memang tidak bisa menghindarkan kekalahan Wales 1-5 atas Slovakia. Sabtu (7/10/2006). Namun, Bale tercatat sebagai pemain termuda kedua yang mencetak gol di kualifikasi Euro.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO