Haul KH Abdul Qodir Nur Jadi Pengingat Gus Ipul akan Pentingnya Memberikan Kesan Baik

Haul KH Abdul Qodir Nur Jadi Pengingat Gus Ipul akan Pentingnya Memberikan Kesan Baik Wali Kota Pasuruan H. Saifullah Yusuf berada di tengah-tengah jemaah haul KH Abdul Qodir Nur yang digelar di Masjid Baitul Rohman Bugul Kidul.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Haul ke-26 Almarhum KH Abdul Qodir Nur rampung digelar pada Rabu (25/10) malam. Wali Kota Pasuruan H. turut menghadiri haul yang digelar di Masjid Baitul Rohman Bugul Kidul bersama Wawali .

Selepas magrib, para jamaah telah datang secara bergelombang untuk memenuhi masjid yang terletak di Jalan Patimura tersebut. Puncak acara haul sendiri dimulai ba'da Isya, hampir bersamaan saat dan Mas Adi hadir di lokasi haul sekira pukul 19.30 WIB.

Baca Juga: KPU Kota Pasuruan Gelar Pengambilan Nomor Urut, Pasangan Anugrah Dapat Nomor 01

Kepada seluruh jamaah haul, menyatakan rasa syukur dan bahagianya bisa berkesempatan untuk sowan pada acara haul KH Abdul Qodir Nur. Baginya, ini adalah pertama kalinya hadir sebagai Wali Kota Pasuruan.

Ia menyatakan bahwa KH Abdul Qodir Nur dan para alim ulama merupakan suri teladan. Pelajaran yang bisa dipetik adalah bahwa segala kebaikan almarhum masih dikenang meskipun sudah terlebih dahulu berpulang kembali ke Rahmatullah.

"Meskipun beliau sudah wafat, kita masih merindukan, mengingat, mendoakan, dengan barapan doa kebaikan itu kembali ke kita semua," kata membuka sambutannya.

Baca Juga: Silaturahmi ​Pemkot Pasuruan dengan Tomas dan Ormas, Adi Wibowo Bersyukur karena Hal ini

Menurutnya, hal tersebut juga sekaligus sebagai pengingat agar kita bisa memberikan kesan baik ketika diberikan sebuah amanah.

Ia mengajak para jamaah refleksi diri. "Apakah ketika nanti sudah berpulang, masih banyak yang mengenang dan mendoakan karena kebaikan yang ditinggalkan," katanya.

"Majelis haul ini jadi pengingat saya dan Mas Adi untuk selalu memberikan kebaikan ketika diberikan amanah. Ketika kita selalu berbuat baik demi kesejahteraan masyarakat, maka saat tiba kami pensiun, akan selalu dikenang atas kebaikan yang jadi peninggalannya," imbuh .

Baca Juga: Serahkan Bantuan Alat Disabilitas, Ini Pesan Adi Wibowo kepada Kartar Kota Pasuruan

Ia menyampaikan bahwa wafatnya kiai dan para alim ulama diibaratkan seperti padamnya obor penerang dalam kegelapan. Ketika tidak ada penerangan, maka setiap orang akan kesulitan untuk berjalan mencapai tujuan.

"Wafatnya kiai sama seperti matinya cahaya dalam kegelapan. Saat berjalan, kita pasti akan grayah-grayah, kangelan. Karena para kiai dan alim ulama ini adalah penerang dan pembimbing kita untuk mencapai tujuan dunia dan akhirat," ujar .

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Pasuruan mengapresiasi antusiasme jemaah dalam menyelenggarakan majelis haul. Hal itu menunjukkan adanya proses regenerasi dalam mengamalkan ajaran para kiai.

Baca Juga: ​Gus Ipul dan Adi Wibowo Hadir di Tengah Ribuan Jemaah Haul KH Abdul Hamid Kota Pasuruan

"Melalui majelis haul membuktikan bahwa masyarakat masih ingin tersambung dan terhubung mewariskan ajaran ulama," pungkasnya. (par/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO