OPOP Expo Kelima Tahun 2023 Dibuka Gubernur Khofifah, Berikut Produk yang Dipamerkan

OPOP Expo Kelima Tahun 2023 Dibuka Gubernur Khofifah, Berikut Produk yang Dipamerkan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pameran produk-produk yang dihasilkan para santri, pesantren, maupun alumni pesantren yang dihimpun dalam OPOP () Expo 2023 untuk kali kelima kembali dibuka di , Surabaya, Kamis (9/11/23) malam.

Sebanyak 52 stand produk OPOP memamerkan berbagai produknya. Mulai dari makanan dan minuman (mamin), kerajinan tangan atau kria, hingga produk fashion.

Baca Juga: Disambut Doa, Khofifah Ajak Santri Ponpes Al Anwar Bangkalan untuk Tempuh Pendidikan yang Tinggi

Dalam sambutan pembukaan, Gubernur mengakui perjalanan program OPOP ini cukup panjang dan butuh kesabaran.

"Bapak-Ibu sekalian, ini proses panjang sekali. Dalam sekali. Serius sekali. Jadi saya ingin menyampaikan Pak Ghofirin (pimpinan OPOP) pokoknya semangat," ujar memberikan motivasi.

juga menyampaikan terima kasih pada seluruh pengasuh pesantren yang mendukung OPOP, dan seluruh pelaku OPOP di semua pondok pesantren. Serta Dirut Bank Jatim yang memberi support permodalan OPOP.

Baca Juga: Ikhtiar Menangkan Khofifah-Emil, DPW PKS Jatim Konsolidasikan Kader

"Jadi, Man Jadda Wajadda. Siapa yang bekerja keras, dia bisa sukses," imbuhnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim, Andromeda Qomariah, mengungkapkan,sebanyak 52 stand memamerkan serta menjual produk OPOP, mulai dari makanan dan minuman (mamin), kerajinan tangan atau kria, hingga produk fashion.

"Kegiatan meliputi pameran unggulan anggota OPOP. Baik itu santripreneur, pesantrenpreneur, dan sosiopreneur, yang lolos kurasi, yang mana telah ada sekitar 52 unit," jelasnya, Kamis (9/11/2023) malam.

Baca Juga: Khofifah: Terima Kasih Kontribusi Muhammadiyah dalam Peningkatan Kualitas SDM

Mereka berkesempatan mengikuti pameran ini sejak tanggal 9 hingga 12 November 2023, di halaman Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Selain memamerkan produk-produk unggulan OPOP yang telah lolos kurasi, juga terdapat talkshow literasi keuangan syariah.

"Tadi pagi dilakukan talkshow akses pembiayaan keuangan syariah," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini juga digelar pasar murah, pelatihan kewirausahaan digital oleh OPOP Academy, klinik pembiayaan syariah berupa layanan konsultasi oleh Bank Jatim Syariah, serta klinik pelayanan usaha dan bisnis forum oleh Bank Indonesia.

Baca Juga: Khofifah-Emil Sowan ke Muhammadiyah

, juga diramaikan dengan bergam kegiatan, seperti lomba banjari, lomba mewarnai yang diikuti 500 anak, undian berhadiah umroh bagi pengunjung yang berbelanja produk OPOP, hingga pembagian ratusan bibit mangga. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO