Gus Ipul Kukuhkan Pengurus OPOP Kota Pasuruan Periode 2023-2026

Gus Ipul Kukuhkan Pengurus OPOP Kota Pasuruan Periode 2023-2026 Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf, saat mengukuhkan Tim Penguatan dan Pengembangan Program OPOP periode 2023-2026.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa , mengukuhkan Tim Penguatan dan Pengembangan Program OPOP (One Pesantren One Produk) Kota Pasuruan periode 2023-2026, Rabu (29/11/2023).

Saat memberi sambutan, mengatakan bahwa OPOP merupakan kesempatan Kota Pasuruan untuk memotivasi pesantren, agar mengikuti program yang strategis sehingga lebih aktif terlibat dalam mengikuti pengembangan kegiatan ekonomi.

Baca Juga: Pjs Wali Kota Pasuruan Hadiri Kirab Maskot Pilkada 2024

"Pesantren itu harus kramat, sekarang pesantren harus melek teknologi melek ekonomi, jangan sampai kramatnya hilang jadi urusan agamanya harus tetap ada dalam rangka urusan dakwah maka kita perlu sumber daya yang lain yang mendukung ekonomi," ujarnya.

Ia pun menyebut, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mempunyai strategi agar pemerintah ikut dalam mengembangkan ekonomi pesantren.

Baca Juga: Bersama para Petani Milenial, Khofifah Panen Bunga Sedap Malam di Pasuruan

"Pemerintah provinsi yang secara nyata ikut menyusun program sekaligus intervensi dalam rangka mengembangkan ekonomi pesantren," tuturnya

Beberapa waktu lalu, kata , PBNU bekerja sama dengan Shoope mendorong para santri agar bisa ekspor dengan cara mudah.

"Ajakan pelatihan santri siap ekspor dalam kesempatan ada 1.000 santri untuk mengikuti santri siap ekspor dengan produk yang memenuhi syarat untuk ekspor," ucapnya.

Baca Juga: Pemilik Kafe di Ruko Gempol 9 Keluhkan Pungutan Rp80 Ribu per Hari, Minta Pertanggungjawaban

Menurut dia, tidak ada usaha rintisan 100 persen berhasil, hanya kira kira yang berhasil 10 persen dari anggka 100 persen.

"Kalau ada usaha rintisian sukses 10 saja itu sudah luar biasa jadi OPOP ini perlu bekerja keras dengan program yang ada ini bila ada 10 sd 20 persen yang sukses itu luar biasa untuk program ini memang melatih orang orang yang sudah berproduksi," paparnya.

Ia berharap, pengurus yang baru ini melakukan rapat untuk menyusun program pada tahun depan dan memulai hal-hal yang bisa dilakukan saat itu.

Baca Juga: Lilik Pujiastuti Dilantik Sebagai Penjabat Sementara Wali Kota Pasuruan

"Saya bahagia karena OPOP ini telah dilantik dan pengurus bisa langsung bekerja," katanya

Pengukuhan juga dihadiri Wakil Wali Kota Pasuruan, Seketaris Daerah Kota Pasuruan, Ketua Harian OPOP, Seketaris OPOP Dinas Jatim, dan diikuti petugas yang dilantik. (par/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO