Sumbang PAD Rp23,3 M ke Pemkab Gresik, PT Wilmar Nabati Indonesia Raih Penghargaan Bupati

Sumbang PAD Rp23,3 M ke Pemkab Gresik,  PT Wilmar Nabati Indonesia Raih Penghargaan Bupati General Affair PT Wilmar Nabati Indonesia, Andi Mahmud saat menerima penghargaan dari Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - PT pada tahun 2023 memberikan sumbangsih Pendapatan Asli Daerah () ke Pemkab dari sektor pajak dan retribusi sebesar Rp 23,3 miliar.

Atas sumbangsi PT Wilmar terhadap daerah ini, Bupati , memberikan penghargaan.

Baca Juga: 2.000 ASN Pemkab Gresik Ikuti Pembekalan Penilaian Kompetensi 2024

Penghargaan diserahkan langsung oleh bupati kepada General Affair PT , Andi Mahmud.

Sesuai data, sepanjang tahun 2023, PT memberikan kontribusi cukup besar terhadap Pendapatan Daerah (PD) Pemkab dari sektor .

Setoran tersebut terdiri dari pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan sebesar Rp 5 miliar, retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebesar Rp 18 miliar, dan retribusi lain sebesar Rp 300 juta.

Andi Machmud menyampaikan, penghargaan yang diterima menjadi wujud nyata manfaat kehadiran Wilmar di Kabupaten .

Baca Juga: Polisi Gerebek Arena Judi Sabung Ayam di Panceng

"Kami bersyukur sejak pertama kali kegiatan ini digelar, Wilmar selalu mendapatkan penghargaan dari Pemkab . Penghargaan ini tidak hanya sebagai motivasi melainkan sudah menjadi komitmen perusahaan dalam menjalankan operasional perusahaan," ucap Andi kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (19/12/2023).

Kontribusi PT ke Kabupaten melalui pembayaran pajak dan retribusi setiap tahunnya mengalami peningkatan. Khususnya sektor PBB.

Andi pun merinci pembayaran PBB yang telah disetorkan ke Pemkab .

Baca Juga: Awal Kampanye di Gresik, Cabup di Malaysia, Cawabup Umroh, Tim Yani-Alif Terus Bergerak

Pada awal kehadiran PT Wilmar di , PBB yang dibayarkan Wilmar hanya berkisar Rp 1,1 miliar pertahun hingga saat ini mencapai Rp 5 miliar lebih pertahun. 

Kondisi ini seiring dengan perkembangan Wilmar yang sangat pesat.

"Kami tidak hanya ikut membangun Kabupaten melalui setoran pajak dan retribusi saja, melainkan juga berbagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), dan penyediaan lapangan pekerjaan bagi warga . Kami menyadari lancarnya proses operasional perusahaan berkat dukungan dari masyarakat maupun pemerintah," pungkas Andi. (hud/van)

Baca Juga: Dinas Pendidikan Gresik Teken MoA dengan Unesa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO