Asluchul Alif Jadi Orang Pertama yang Daftar Bacabup di PAN Gresik

Asluchul Alif Jadi Orang Pertama yang Daftar Bacabup di PAN Gresik Asluchul Alif (tiga dari kanan) menerima kopiah dari Ketua DPD PAN Gresik, Faqih Usman. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua DPC Gerindra Kabupaten Gresik, , mendaftar bakal calon bupati (bacabup) di DPD PAN Kabupaten Gresik, Rabu (1/5/2024).

Alif datang ke kantor PAN didampingi Sekretaris DPC Gerindra Nur Saidah, Bendahara Lutfi Dhawam, serta para pengurus dan anggota Fraksi Gerindra. Ia diterima langsung oleh Ketua DPD , Faqih Usman, didampingi Sekretaris Mustajab dan Bendahara Mubin.

Baca Juga: Wakil Ketua DPD Golkar Gresik: ASN Boleh Hadiri Kampanye Paslon, Tapi ...

Faqih Usman menyampaikan bahwa Alif merupakan orang pertama mendaftar bacabup di PAN. Menurut Faqih, hal itu menjadi sebuah penghormatan bagi dirinya.

"Sebab, PAN pada pemilu 2024 kemarin dapat 3 kursi, mendapat penghormatan dari Pak Dokter () daftar bacabup," ucap Faqih.

Ia menyampaikan, penjaringan cakada dibuka selama 2 minggu. Jika nantinya sampai penutupan hanya Alif yang mendaftar, maka nama itulah yang akan dikirim ke DPW dan DPP.

Baca Juga: Awal Kampanye di Gresik, Cabup di Malaysia, Cawabup Umroh, Tim Yani-Alif Terus Bergerak

"Soal rekomendasi itu menjadi wewenang DPP," terang Ketua Fraksi Amanat Pembangunan (FAP) DPRD Gresik ini.

Terkait kemungkinan koalisi dengan Gerindra untuk mengusung Alif pada 2024, Faqih belum bisa memastikan. Pihaknya masih menunggu keputusan DPP.

"Belum ada instruksi untuk koalisi dengan Gerindra," tandasnya.

Baca Juga: Tren Paslon Tunggal di Pilkada Meningkat, Pengamat Politik UPN: Tidak Sehat Bagi Demokrasi

Setelah pendaftaran usai, lanjut Faqih, PAN akan turun ke konstituen untuk serap aspirasi dalam menghadapi pilkada 2024. Selain itu, PAN juga akan menyiapkan kader untuk mengisi posisi bacawabup yang akan diusung pada .

"Banyak kader-kader PAN yang layak menduduki posisi cawabup, antara lain Prof Zainudin Maliki. Namun, PAN akan tahu diri jika nantinya ada kandidat cawabup lain. Karena banyak partai yang dapat kursi lebih banyak dari PAN yang akan gabung dengan Gerindra, tentu juga akan menyodorkan kandidat cawabup, seperti Golkar," terangnya.

Ia berpesan kepada Alif agar komunikasi dengan DPP dan DPW. Sebab, rekom merupakan wewenang DPP.

Baca Juga: Di Deklarasi Kampanye Damai, Alif Minta Maaf

"Kebetulan tim pilkada DPP Mas Viva Yoga Mauladi, Mas Alif juga bisa komunikasi dengan Mas Viva Yoga dan tim lain, termasuk DPW. Tentu nantinya rekom juga sepengetahuan Ketum DPP PAN, Pak Zulkifli Hasan setelah melakukan beberapa pertimbangan," pungkasnya.

Sementara itu, Alif berharap PAN bisa koalisi dengan Gerindra untuk 2024. Sebab, Gerindra membutuhkan koalisi besar untuk memudahkan kemenangan.

"Mudah-mudahan PAN koalisi dengan Gerindra. Mudahan-mudahan saya direkom DPP PAN," harapnya.

Baca Juga: Pilkada Gresik 2024, Puluhan Warga Deklarasi Menangkan Kotak Kosong di Bandar Grissee

Menurut Alif, membangun Gresik harus dilakukan bersama-sama, termasuk dengan PAN.

"Kalau ikhtiar saya memperbaiki Kabupaten Gresik dengan maju menjadi bacabup terwujud dan saya menjadi Bupati Gresik, mudah-mudahan kursi PAN di DPRD Gresik bisa bertambah," katanya.

Dalam pendaftaran ini, Faqih Usman juga menyerahkan kopiah hitam berlogo PAN kepada Alif. (hud/rev)

Baca Juga: DPC PDIP Gresik Yakin Yani-Alif Menang di Pilkada 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO