Di Halal Bihalal Kerukunan Bubuhan Banjar, Pj Gubernur Jatim Paparkan Indeks Kerukunan Umat Beragama

Di Halal Bihalal Kerukunan Bubuhan Banjar, Pj Gubernur Jatim Paparkan Indeks Kerukunan Umat Beragama Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, saat menghadiri halal bihalal Kerukunan Bubuhan Banjar.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, menghadiri halal bihalal dan pentas seni serta bazar bersama masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan, yang tergabung dalam Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) di Islamic Center Surabaya, Minggu (12/5).

Kedatangannya disambut Gubernur Kalimantan Selatan yang juga Presiden KBB sa-Dunia, Sahbirin Noor, dengan diiringi oleh Kesenian Sinoman Hadrah khas Banjar. Agenda tersebut dihadiri oleh Masyarakat Banjar yang ada di Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Adhy menyampaikan bahwa masyarakat Jatim selalu terbuka dengan seluruh etnis dan agama. Toleransi dan kebersamaan menjadi modal dalam membangun perekonomian di Jatim.

Hal ini dibuktikan dengan data yang dirilis oleh Pusaka Kemenag Super App, yang mana Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) Provinsi Jawa Timur pada tahun 2023 mencapai 77,55. Catatan tersebut berhasil melampaui rata-rata Indeks KUB nasional tahun 2023 sebesar 76,02.

"Banyak etnis di Jawa Timur termasuk Banjar, semuanya hidup rukun bersama. Ini membuktikan kalau Jawa Timur adalah rumah yang sangat nyaman untuk semua etnis dan agama," ujarnya.

Pj. Gubernur Adhy juga menyampaikan terima kasih dan apresiasianya kepada masyarakat Banjar di Jatim yang selama ini membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian di Jatim.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO