​HUT Ke-79 TNI di Surabaya, Pangkoarmada II: Transformasi TNI Menuju Kekuatan Pertahanan Modern

​HUT Ke-79 TNI di Surabaya, Pangkoarmada II: Transformasi TNI Menuju Kekuatan Pertahanan Modern Pangkoarmada II Laksamana Muda Ariantyo Condrowibowo, bertindak sebagai inspektur upacara. (Foto: devi fitri afriyanti/BANGSAONLINE.com)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Peringatan HUT ke-79 TNI di Surabaya, dilaksanakan di Lapangan A. Yani Makodam V/Brawijaya. Pangkoarmada II Laksamana Muda Ariantyo Condrowibowo, bertindak sebagai inspektur upacara, Sabtu (05/10/2024).

HUT TNI kali ini mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju.” Tema ini mencerminkan semangat TNI dalam menjaga kelangsungan hidup bangsa.

Baca Juga: ​HUT Ke-79 , Khofifah: Profesionalisme TNI dalam Menjaga Proses Demokrasi RI Teruji dan Terbukti

Perkembangan lingkungan strategis yang dinamis memerlukan TNI yang adaptif dan modern. TNI dituntut untuk memiliki sumber daya manusia berkualitas tinggi dan kemampuan inovatif dalam menghadapi tantangan zaman. Prajurit TNI perlu dilengkapi dengan kemampuan tempur dan pengoperasian alutsista berteknologi tinggi. Dengan demikian, transformasi TNI menjadi kekuatan pertahanan yang diakui di kancah regional dan internasional dapat terwujud.

Pangkoarmada II dalam sambutannya menekankan pentingnya mengutamakan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi.

"Setiap tindakan prajurit harus mencerminkan jati diri TNI sebagai tentara rakyat dan profesional yang bertanggung jawab," tegasnya

Baca Juga: Kuatkan Sinergitas, Polresta Sidoarjo Beri Kejutan Bawa Tumpeng dan Kue untuk HUT TNI Ke-79

Harapan ke depan, TNI terus meningkatkan integritas dan dedikasi untuk menjaga kedaulatan bangsa.

"Mari bersama kita wujudkan TNI yang solid, profesional, dan dekat dengan rakyat demi Indonesia yang lebih baik serta melaksanakan setiap tugas dengan penuh keikhlasan dan niat ibadah demi kepentingan rakyat, bangsa, dan negara," pungkasnya.

Adapun pasukan upacara HUT ke-79 TNI terdiri dari satu unit Korsik Gabungan, Batalyon 1 Gabungan (satu kompi Gabungan Pama, satu Kompi Gabungan Wan TNI, satu Kompi Gabungan Pom TNI), Batalyon 2 Gabungan TNI AD, Batalyon 3 Gabungan TNI AL, Batalyon 4 Gab TNI AU serta 1 Kompi Gabungan (PNS TNI, Komcad, Menwa, serta Pramuka)

Baca Juga: Peringati HUT TNI ke-79, Kodim Ngawi Gelar Lomba PBB Pelajar SMP dan SMA

Sementara itu, puncak peringatan HUT Ke-79 TNI secara nasional berlangsung pada tanggal 5 Oktober 2024 di Lapangan Silang Monas, Jakarta, yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Acara ini juga akan menampilkan pasukan dan parade alutsista TNI. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO