Angka Kematian Ibu Melahirkan di Lumajang masih Tinggi

Angka Kematian Ibu Melahirkan di Lumajang masih Tinggi ilustrasi

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Angka kematian Ibu melahirkan di masih terbilang tinggi. Data resmi dari Rumah Sakit Umum/Swasta se-Kabupaten hingga September 2015, tercatat ada 22 kasus kematian ibu melahirkan.

Menurut dr. Bayu Wibowo, penyebab utama kematian ibu melahirkan adalah faktor penyakit dan pendarahan. “Kita masih terus mencari solusinya,” ujarnya ketika menyampaikan laporan pada acara Rapat Koordinasi Program penurunan Angka kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) tahun 2015, Senin (21/9).

Baca Juga: Pramuka Lumajang Buka Suara Usai Nama Baiknya Dicatut Thoriq Soal Pengelolaan Donasi Semeru

Dari data angka kematian ibu melahirkan memberi kesimpulan jika Program penurunan AKI dan AKB di tahun 2015 di belum tercapai. “Perlu kerja keras lebih untuk mengatasi hal ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Tutuk Fajriyah As’at, SH mengatakan, bahwa sosialisasi program AKI dan AKB perlu digencarkan. “Kita ini harus secara terus menerus untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat sampai ke tingkat yang paling bawah,” tuturnya.

Dalam hal ini, lanjut Tutuk As’at, Dinas pendidikan setempat harus ikut bersinergi dengan istansi terkait. Hal ini untuk jangka panjang dalam menekan angka kematian ibu melahirkan.

Baca Juga: Kamis Pagi ini, Gunung Semeru Alami Erupsi Abu Vulkanik Setinggi 700 Meter

“Di masing-masing sekolah juga harus disediakan tablet penambah darah, khususnya bagi anak-anak perempuan yang sudah menstruasi, hal ini untuk mengantisipasi kepada kaum perempuan kekurangan darah,” tambahnya.

Tutuk As’at, berharap angka ini bisa terus ditekan. “Saya berharap, mari kita bersama-sama mencari solusinya, agar kematian ini tidak bertambah lagi,” pungkasnya. (ron/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Duel Maut Dengan Kades Sukosari, Perangkat Desa Jatiroto tersabet Celurit Hingga Usus Keluar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO