Tak Hadiri Rapat Baleg, Pimpinan KPK Tolak Dilemahkan oleh DPR

Tak Hadiri Rapat Baleg, Pimpinan KPK Tolak Dilemahkan oleh DPR Ketua KPK Agus Rahardjo. Foto: vivanews.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Pimpinan tidak hadir rapat Badan Legislasi (Baleg) DPR untuk membahas revisi UU dan hanya mengutus deputi. Ketidakhadiran itu sebagai bentuk dari penolakan revisi UU .

"Memang tidak dihadiri pimpinan dengan beberapa pertimbangan. Kami membawakan surat kepada pimpinan Baleg dan menyatakan menolak revisi UU ," kata Plh Kabiro Humas , Yuyuk Andriati di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (4/2/2016).

Baca Juga: Jalani Sidang Perdana, Begini Dakwaan Jaksa KPK ke Bupati Sidoarjo Nonaktif

Dalam surat itu, Ketua Agus Raharjo menyatakan bahwa UU 30/2002 saat ini sudah mendukung operasional sehingga tidak perlu diubah. lebih mendorong DPR merevisi UU Tipikor, menyusun RUU Perampasan Aset, serta menyelesaikan revisi UU KUHP dan KUHAP.

Soal diskusi terkait penolakan tersebut, Yayuk mengatakan bahwa hal itu sudah masuk ke materi revisi. Menurutnya, penolakan revisi UU sudah terjelaskan dalam surat.

"Kalau mengenai itu, kalau sudah menyangkut materi revisi. Sikap kami adalah menolak. Jadi pimpinan menyampaikan itu melalui surat," ujarnya.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham Jatim Ajak Stakeholder Terlibat dalam Survei Penilaian Integritas

Saat ditanya, Yuyuk menegaskan bahwa ketidakhadiran pimpinan ini adalah bentuk tegas penolakan. "Ketidakhadiran dan surat menyatakan penolakan," imbuhnya.

Agus Raharjo dan 4 pimpinan lainnya sebelumnya sudah mengatakan bahwa tidak akan hadir di rapat hari ini. Alasannya, ada agenda lain. "Memang sudah ada jadwal lain. Undangan ini bukan tidak penting tapi ada kegiatan yang tidak bisa ditunda," ucap Yayuk.

Akhirnya Baleg DPR membatalkan rapat ini karena pimpinan tidak hadir. hanya diwakili oleh Deputi Informasi dan Data Hary Budiarto, Kepala Biro Hukum Setiadi, tim biro hukum yaitu Nur Chusniah dan Anatomi, serta Plh Kabiro Humas Yuyuk Andriati.

Baca Juga: KPK Siap Ladeni Praperadilan Bung Karna

Bagaimana respon Baleg DPR? Baleg DPR menyesalkan ketidakhadiran lima pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi () dalam rapat dengar pendapat membahas revisi Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang .

Wakil Ketua Baleg DPR Firman Soebagyo‎ mengatakan hari ini pihaknya tidak mendapatkan penjelasan dari para pemimpin mengenai revisi undang-undang tersebut.

Dia mengatakan, para pemimpin seharusnya hadir dalam rapat tadi jika menganggap ada yang penting dibahas mengenai revisi UU itu.

Baca Juga: Sidang Kasus Pemotongan Insentif ASN Sidoarjo: Jaksa Tolak Pledoi Siskawati

‎"Yang kita undang ini komisionernya, DPR ini lembaga negara lho, jangan disepelekan. Kalau memang mereka merasa punya kepentingan, hadir. Dibuka di mana pelemahannya, di mana kekurangannya, ini ada pertanyaan dari masyarakat yang harus kita jawab," ungkap Firman di ruang Baleg, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Menurut dia, hak untuk menolak revisi UU tersebut. Namun, kata dia, perlu diketahui DPR dan pemerintah memiliki wewenang dalam membuat UU. 

‎"Kami-kami juga punya urusan yang lebih penting, tapi karena ini kami anggap penting yang namanya terkait masalah pemberantasan korupsi, dan kemudian masyarakat juga sudah merespons bahwa harus ada keterbukaan, sudah kita lakukan, tapi enggak datang," tuturnya.

Baca Juga: Ke KPK, KPMB Desak Penyelesaian Kasus Korupsi Abah Anton

Sebelumnya diberitakan bahwa Ketua Agus Rahardjo keberatan dengan revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang . Apalagi, setelah mengetahui isi draf yang dinilainya melemahkan fungsi lembaga tersebut.

"Kalau drafnya seperti yang beredar sekarang ini, usul lebih baik dibatalkan," kata Agus melalui pesan singkat, Rabu (3/2).

Sebelumnya, terdapat empat poin perubahan draf revisi UU yang digulirkan DPR. Usulan tersebut, di antaranya, pertama, pembentukan dewan pengawas untuk mengawasi kinerja . Kedua, penyadapan yang dilakukan harus seizin dewan pengawas.

Baca Juga: KPK Geledah Rumah Dinas Abdul Halim Iskandar

Ketiga, tak diperbolehkan mengangkat penyidik dan penyelidik sendiri. Terakhir, diberi wewenang untuk menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3).

Hal senada juga diungkapkan oleh Koordinator Investigasi Indonesia Corruption Watch (ICW) Febri Hendri. ICW, kata Febri, menolak revisi UU . Menurut dia, revisi UU dinilai belum mendesak dan tidak relevan dengan kebutuhan saat ini.

"Kami menolak revisi UU karena belum mendesak dan tidak relevan dengan kebutuhan saat ini," kata Febri saat dihubungi secara terpisah. 

Baca Juga: Gelar Demo, Massa Aksi Desak KPK Tangkap Bupati Situbondo

ICW pun mempertanyakan maksud dibentuknya Dewan Pengawas . Menurut Febri, cukup diawasi oleh Komisi III DPR. Terkait SP3, kata dia, hal tersebut tidak dibutuhkan. Pasalnya, ketika sudah menetapkan status kasus masuk tahap penyidikan, berarti kasus tersebut telah memiliki minimal dua alat bukti. "Jadi, standarnya sudah tinggi," ujar Febri.

ICW pun mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pemerintah menarik diri dari pembahasan revisi UU .

Sumber: detik.com/sindonews.com/republika.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Resmi Dipecat! Novel Baswedan dkk Letakkan Kartu Identitas KPK':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO