​Barter Kasus Novel Baswedan: Asal Keluar dari KPK, Kasusnya Mau Diselesaikan

​Barter Kasus Novel Baswedan: Asal Keluar dari KPK, Kasusnya Mau Diselesaikan   Novel Baswedan. Foto: tempo.co

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Kuasa hukum Novel Baswedan, Muji Kartika Rahayu, mengatakan kliennya mendapat tawaran posisi di badan usaha milik negara (BUMN) dari pimpinan sekitar seminggu yang lalu.

“Tidak tahu dalam rangka apa,” ujarnya melalui pesan pendek pada Minggu, 7 Februari 2016.

Baca Juga: Jalani Sidang Perdana, Begini Dakwaan Jaksa KPK ke Bupati Sidoarjo Nonaktif

Muji mengatakan bisa jadi tawaran itu ada kaitannya dengan barter penyelesaian kriminalisasi yang tengah membelit penyidik tersebut. “Jika benar, itu membuktikan kasus Novel Baswedan memang bukan kasus hukum, melainkan kasus politik,” tuturnya.

Ihwal barter kasus, Muji membenarkan bahwa sempat ada tawaran kepada Novel yang berisi penyelesaian terhadap kasusnya asalkan Novel mau keluar dari . Soal barter yang ini, Muji menyebutkan tidak ada syarat. “Tanpa tawar-tawaran pindah ke BUMN,” katanya. Muji pun berkata Novel menolak dengan tegas tawaran tersebut.

Novel dijadikan tersangka kasus penembakan tersangka pencurian sarang burung walet pada 2004. Novel, yang ketika itu menjabat Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota Bengkulu, ditetapkan sebagai tersangka meskipun bukan ia yang menembak.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham Jatim Ajak Stakeholder Terlibat dalam Survei Penilaian Integritas

Delapan tahun kemudian, atau pada 2012, kasus itu dicuatkan lagi. Saat itu tengah menyidik kasus korupsi yang menjerat Kepala Korps Lalu Lintas Inspektur Jenderal Djoko Susilo. Kasus tersebut sempat mereda setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono turun tangan, tapi kembali diungkit saat menetapkan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai tersangka pada awal tahun lalu.

Tempo mencoba mengkonfirmasi hal ini kepada pimpinan , tapi belum mendapat jawaban.

Sumber: Tempo.co

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Resmi Dipecat! Novel Baswedan dkk Letakkan Kartu Identitas KPK':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO